Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Dewan Tetap Reses

Dewan Tetap Reses

KEPAHIANG – Kendati masa jabatan anggota DPRD Kepahiang periode 2014-2019 akan berakhir dalam hitungan bulan, mereka tetap mengagendakan jadwal reses bagi anggotanya di akhir masa jabatan ini. Ini mengingat di penghujung jabatannya dewan Kepahiang ada 3 kali masa sidang lagi, sebelum akhirnya berakhir setelah Pemiu 2019.

Ketua Komisi I DPRD Kepahiang, Edwar Samsi, S.IP, MM mengatakan tahun ini di akhir masa jabatan masih menyisakan 2 masa sidang lagi. Sehingga agenda reses dianggap masih bisa dilakukan guna menjaring aspirasi masyarakat. “Ada 3 kali masa sidang, yang pertama sedang berlangsung. Masa sidang pertama ini bukan akhir masa jabatan, karena ada 2 masa sidang lagi sebelum habis Agustus mendatang. Yang tidak boleh, ketika reses 1 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan,” jelas Edwar.

Edwar menuturkan kegiatan reses merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Selain itu diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD. Reses bertujuan menyerap dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat. Guna memberi pertanggungjawaban moral dan politis pada konstituen di daerah pemilihan.

“Reses adalah waktu dan wadah yang tepat untuk menampung segala aspirasi masyarakat, agar ke depan dapat ditindaklanjuti untuk disampaikan pada pemerintah daerah sebagai pemangku kebijakan. Kendati sangat penting, reses juga ada aturannya, salah satunya adalah terkait pelaksanaan di akhir jabatan,” demikian Edwar.(sly)

Berita Lainnya

Tiga Organisasi Perangkat Daerah Baru Aktif Awal Tahun

KEPAHIANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, menargetkan awal tahun 2020 mendatang, tiga Organisasi Perangkat Daerah ...

error: Content is protected !!