Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Disparbud Wacanakan Rekor MURI

Disparbud Wacanakan Rekor MURI

BENTENG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Benteng akhir bulan Februari ini akan membuat gebrakan baru. Tepatnya pada 28 Februari mendatang, sebanyak 500 orang akan berkumpul bersama di lokasi wisata Wahana Surya, Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa guna memainkan Sarafal Anam. Bahkan, salah satu kesenian tersebut diprediksi akan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Plt. Kadisparbud Benteng, Gunawan Wibisana, S.STP, M.Si mengatakan, sarafal anam akan dimainkan dengan durasi kurang lebih selama satu jam. “Para pemain sarafal anam tidak hanya berasal dari orang dewasa dan juga dari kalangan remaja,” terangnya, kemarin (1/2).

Dijelaskannya, melalui kegiatan tersebut juga mencoba memecahkan rekor MURI dengan menggelar sarafal anam dengan pemain mencapai 500 orang dari perwakilan berbagai kecamatan di Benteng. Dalam kegiatan tersebut akan disaksikan oleh semua pihak yang ada di Benteng maupun luar Benteng. Mulai dari Gubernur, Bupati serta para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tujuan khusus kegiatan tersebut guna melestarikan dan mengenalkan kembali seni dan budaya berupa sarafal anam ke khalayak ramai. Sarafal anam dapat dimainkan di sejumlah acara hiburan dimanapun,” katanya.

Selain itu juga, bersama-sama mengajak melestarikan sarafal anam agar tetap ada, meskipun perkembangan zaman saat ini sudah modern. Karena seni dan budaya yang ada sejak dulu sangat penting dipertahankan. “Penting untuk diketahui terutama oleh generasi pemuda saat ini,” demikian Gunawan. (vla)

Berita Lainnya

Asosiasi Sepak bola Kabupaten Bengkulu Tengah Minta Bangun Stadion

BENTENG – Setelah terpilihnya susunan Pengurus Asosiasi Sepak bola Kabupaten Bengkulu Tengah, pengurus meminta ke ...

error: Content is protected !!