Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Kaur / Hore Dana PKH Tahap I, Bagi Warga Miskin Cair

Hore Dana PKH Tahap I, Bagi Warga Miskin Cair

CAIRKAN PKH: Kasat narkoba memantau pengambil uang PKH di ATM bank di Kaur Selatan.

KOTA BINTUHAN – Warga miskin penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2019 cair lebih cepat dibanding tahun sebelumnya. Di Kaur kemarin (1/2) semua penerima PKH sudah dapat mencairkan uang bantuan serentak. Tahun ini jumlah penerima PKH di Kaur mencapai 6.587  Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Kaur, H. Sidarmin Tetap, M.Pd melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ilhamto, S.Sos saat memantau proses pencairan dana bansos PKH bersama dengan Polres Kaur. PKH tahap pertama dibayar tiga bulan bulan Januari, Februari dan Maret.

Sesuai SK Kementerian Sosial RI tentang Indeks dan komponen, bantuan PKH tahun 2019 berubah dari tahun sebelumnya. Bantuan PKH sebelumnya diberikan sama besarannya pada KPM mulai tahap satu  tahun 2019 diberi sesuai komponen dari masing–masing anggota keluarga KPM. Mulai dari komponen ibu hamil, anak sekolah, lanjut usia dan disabilitas berat.

“Kita minta pada setiap pendamping untuk memastikan bantuan PKH ini diterima utuh tanpa potongan oleh KPM. Jika ada yang coba-coba akan berurusan dengan aparat hukum, seperti yang sudah-sudah terjadi di Kaur,” terang Ilhamto.

PKH yang diterima tahun ini akan besar bagi KPM yang komponennya banyak dan maksimalnya 4 komponen, diambil dari komponen dengan nilai bantuan yang paling besar. Setiap tahun PKH disalurkan dalam empat tahap.

Tahun 2019 pemerintah juga akan memberi “bantuan tetap” pada seluruh KPM dengan nominal bantuan tetap Rp 550 ribu  per tahun untuk “KPM reguler”. Lalu Rp 1 juta per tahun untuk KPM “wilayah akses” atau wilayah kategori sangat sulit dijangkau. Khusus Kaur rata-rata kategori KPM reguler.

“Pencairannya di setiap ATM dan ATM mini yang dikawal polisi. Kita tidak main-main dan PKH ini harus benar-benar sampai ke tangan KPM yang menerima. Jika ada yang belum cair laporkan dan akan kita sampaikan untuk segera direalisasikan ke bank,”  pungkas Ilhamto.(cik)

Berita Lainnya

Lelang Jabatan Eselon II Segera Dimulai

KOTA BINTUHAN – Lelang jabatan eselon II di lingkungan Pemkab Kaur akan segera dimulai. Jika ...

error: Content is protected !!