Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Kekurangan Tenaga PPL

Kekurangan Tenaga PPL

MUKOMUKO – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko masih kekurangan tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL). Dari data jumlah PPL sebanyak 79 orang, sudah 6 orang yang pensiun.

“Jumlah 79 orang itu termasuk 14 orang tenaga harian lepas (THL). Karena itu tenaga PPL masih kurang,” kata Kabid Penyuluh Pertanian Distan Mukomuko Elxsandi Utria Darma, S.TP, M.Ec, D.Ev.

Idelanya, lanjut Elxsandi, setiap desa ada 1 PPL, sehingga mereka dapat berkerja secara maksimal untuk melakukan pendampingan terhadap petani. Dengan kekurangan jumlah tenaga PPL, pihaknya telah mengajukan penambahan tenaga ke Pemkab Mukomuko dan Pemprov Bengkulu. Bahkan tiap formasi CPNS usulan pengangkatan tenaga penyuluh dapat diakomodir.

“Kalau usulan tidak kurang-kurang. Setiap tahunnya selalu kami ajukan dengan harapan pemerintah dapat menambah tenaga penyuluh pertanian ini,” katanya.

Beruntung, selama petugas melaksanakan tugasnya di lapangan ada

beberapa orang petani yang dilibatkan sebagai tenaga penyuluh swadaya ikut mendampingi. “Jika tidak dibantu petugas penyuluh swadaya, jelas tenaga PPL yang ada akan kewalahan. Bayangkan saja, setiap 1 orang PPL harus mengawasi 3 – 4 desa,” demikian Elxsandi.(hue)

Berita Lainnya

Akhir April, TPG Cair

MUKOMUKO – Lebih dari 800 guru yang menanti pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) di triwulan ...

error: Content is protected !!