Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Koperasi Budi Daya Ikan

Koperasi Budi Daya Ikan

MUKOMUKO – Kabid Pengembangan Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko, Asbaz Novyan, S.Pi, M.Si, mengatakan sudah ada 2 koperasi budi daya perikanan terbentuk di Kabupaten Mukomuko. Berdomisili di Desa Majuu Makmur dan Desa Sido Mulyo Kecamatan Penarik.

“Kedua koperasi itu, sekarang sebagai pembackup kelompok budi daya perikanan di daerah itu. Baik sebagai penyedia pakan ikan, hingga penyedia bibit ikan,” ujarnya.

Sedangkan untuk pengembalian uang pembelian pakan maupun bibit ikan ke koperasi. Dilakukan oleh kelompok dengan cara diangsur. Dan ada juga kelompok membayarnya setelah panen ikan.

“Tentu keberadaan koperasi ini sangat membantu kelompok untuk mengembangkan budi daya perikanan. Selama ini para kelompok enggan

melakukan pengembangan budi daya ikan tawar lantaran besarnya biaya yang harus dikeluarkan khususnya untuk pembelian pakan,” kata Asbaz.

Tahun ini ada beberapa koperasi yang bakal dibentuk untuk mendampingi kelompok budi daya perikanan. Untuk lokasinya, kemungkinan besar masih disekitar wilayah Kecamatan Penarik. “Sebab kelompok budi daya ikan yang paling aktif dan paling banyak ada di daerah Penarik. Target kami minimalnya ada 3 koperasi yang bakal dibentuk tahun ini,” harapnya.(hue)

Berita Lainnya

Empat PR Anggota Dewan Baru

MUKOMUKO – 24 Anggota DPRD Mukomuko periode 2019-2024, Selasa (20/8) dilantik dengan mengambil sumpah janji ...

error: Content is protected !!