Minggu , 24 Februari 2019
Home / Daerah / Seluma / Oknum Kades Dilaporkan ke Polres

Oknum Kades Dilaporkan ke Polres

TUNJUKAN: Mantan Wakil Ketua BPD menunjukan surat pengaduan terkait pengunaan dana desa yang realisasinya fiktif.

SELUMA – Lagi-lagi salah seorang kepala desa di Kecamatan Semidang Alas (SA), dilaporkan oleh Mantan Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat, Ital (35). Laporan kali ini terkait bangunan yang telah dianggarkan dalam Dana Desa (DD) namun tidak dilaksanakan alias fiktif, oleh kades berinisial Ne.

‘’Ada tiga item yang kami laporkan, yaitu pembangunan jembatan, jalan sentra pertanian dan siring pasang di jalan sentra pertanian yang dianggarkan melalui DD tahun 2016 dan 2017,’’ terang Ital, usai menyerahkan laporannya ke Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Seluma, kemarin (1/2).

Dijelaskan Ital, sebenarnya dirinya telah mengingatkan kades untuk melaksanakan proyek tersebut. Namun tak pernah dituruti. Mirisnya, akibat dirinya sering mengingatkan sang kades, ia dipecat sebagai Wakil Ketua BPD tahun 2018.

‘’Saya tidak mempersalahkan diri saya dipecat. Tapi yang saya ingin, semua pembangunan yang telah dianggarkan melalui DD tersebut harus dilaksanakan. Bukan uangnya saja yang diambil, tapi pembangunannya tak dikerjakan,’’ kata Ital.

Lanjutnya dengan telah diserahkanya bukti-bukti dugaan bangunan fiktif di Desa Suban ke unit Tipikor Sat Reskrim Polres Seluma, Ital berharap polisi mengusut tuntas. Sehingga ke depan, DD yang diterima oleh Desa Suban dapat maksimal membangun Desa Suban. ‘’Selain ke unit Tipidkor, surat pengaduan ini juga saya tembuskan ke Inspektorat, DPRD dan Bupati Seluma,’’ terang Ital.

Harapannyaada tim yang turun untuk melakukan audit DD. Karena menurut perhitungannya hampir di setiap item pembangunan yang dilakukan tidak sesuai dengan RAB ataupun anggaran DD yang telah dialokasikan. ‘’Yang saya laporkan ini yang kasat mata saja, sudah dianggarkan tapi tidak dilaksanakan. Kalau yang kecil-kecil tidak saya masukkan, silakan tim penyidik sendiri yang mengaudit. Saya yakin setiap item pembangunan pasti ada temuannya,’’ demikian Ital.(aba)

Berita Lainnya

Baru Seminggu di Bengkulu, Pemuda Asal Cilacap Tenggelam di Air Terjun PTPN VII

SUKARAJA-Naas dialami Ratno (22) warga Cilacap, Provinsi Jawa Barat yang baru tiga hari tiba di ...