Selasa , 18 Juni 2019
Home / Breaking News / Tingkatkan Pemahaman Ketatanegaraan, Legislator Gelar RDP

Tingkatkan Pemahaman Ketatanegaraan, Legislator Gelar RDP

RDP: Legislator, Anarulita Muchtar bersama narasumber DR. Elektison Somi saat menyampaikan materi.

BENGKULU–  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, dr. Anarulita Muchtar  dari fraksi Partai Nasdem, Sabtu (3/2) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Ketua RT/RW se-Kota Bengkulu.  Dalam RDP tersebut Anarulita menghadirkan pakar Tata Negara, DR. Elektison Somi, SH,MH. Ia juga menyampaikan beberapa hal terkait sistem ketatatanegaraan Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945 Negara Republik Indonesia.

“MPR/DPR terus melakukan sosialisasi terkait ketatanegeraan. Karena masih ada masyarakat yang belum paham secara utuh amandemen undang-undang, perubahan UUD sistem ketatanegaraan lembaga legislasi seperti DPR dan lainnya. Jadi dari cara-cara seperti ini yang kami sampaikan kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, ditambahkan Anarulita, RDP bersama Ketua RT/RW juga ditujukan untuk menggali informasi dan mendengar langsung berbagai aspirasi yang ada di masyarakat, khususnya di Kota Bengkulu. Sehingga dengan acara tersebut ada suatu rekomendasi yang bisa disampaikan ke pusat.

“Ini merupakan agenda DPR RI untuk melakukan RDP dengan masyarakat, kegiatan ini untuk menyerap aspirasi, menjelaskan masalah ketatanegaraan, bagaimana kinerja legislator di DPR, sudah sampai dimana realisasinya,” paparnya.

Selain itu, juga melihat sejauh mana implementasi dari empat pilar kebangsaan seperti Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945, sebagai konstitusi negara, ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara serta Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Pada intinya kita memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, agar memahami secara utuh arti sebagai warga negara, karena masyarakat memiliki hak yang dilindungi undang-undang,” ungkap politisi Partai Nasdem ini.

Pada kesempatan itu, antusias masyarakat sangat tinggi karna langsung bisa berdiskusi terkait masalah-masalah yang ada di daerah, dan menyampaikan langsung dengan wakil rakyat yang hadir. (adn/rls)

Berita Lainnya

Manajemen Bola Porwil Seleksi Pemain

BENGKULU – Pembentukan sepakbola Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Bengkulu, sempat banyak dipercanyakan mantan para pemain ...

error: Content is protected !!