Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / DD Belum Masuk ke Kasda

DD Belum Masuk ke Kasda

ARGA MAKMUR – Hingga kini Dana Desa (DD) tahap satu belum masuk ke Kas Daerah (Kasda). Untuk tahap satu setidaknya dibutuhkan dana Rp 70 miliar untuk DD 215 desa di Bengkulu Utara (BU), dari total anggaran Rp 240 miliar setahun untuk tiga tahap pencairan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  (PMD) BU, Ir. Budi Sampurno menerangkan, diperkirakan akhir bulan atau atau awal bulan depan pencairan DD akan diterima oleh desa-desa. Sehingga seluruh desa sudah harus menyiapkan syarat pencairan DD.

“Syarat harus sudah mulai disiapkan, mulai dri APBDes dan syarat pencairan yang sudah harus disetujui oleh seluruh perangkat desa,” katanya, kemarin (3/2).

Untuk pencairan tahap pertama memang tidak menggunakan laporan pertanggungjawaban. Namun semua dana tahap akhir tahun lalu harus terbukukan termasuk di kas Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) jika memang ada dana tak terserap.

“Jangan sampai saat dana sudah masuk justru ada syarat yang belum dipenuhi untuk pencairan,” ujarnya.

Desa juga bisa berkoordinasi dengan Kasi Pemerintahan masing-masing kecamatan untuk membuat syarat pencairan jika memang ada kendala. Termasuk jika memang harus berkoordinasi dengan Dinas PMD, sehingga tidak ada kendala.

“Kita targetkan pembangunan bisa dilaksanakan serentak di seluruh desa. Apalagi memang seluruh desa sudah memiliki kepala desa baik itu penjabat maupun Kades definitif,” pungkas Budi. (qia)

Berita Lainnya

Server Jebol, SMPN 45 Gagal UNBK

ARGA MAKMUR – SMPN 45 Bengkulu Utara (BU) gagal melaksanakan UNBK hari pertama dengan mata ...

error: Content is protected !!