Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Desa Serdang Indah Belum Dilintasi Mobil

Desa Serdang Indah Belum Dilintasi Mobil

JALAN DESA: Jalan Desa Serdang Indah berupa rabat betol dengan lebar kurang lebih 1 meter. Karena tidak pernah dilintasi mobil.

KOTA BINTUHAN – Dari 192 desa, hanya Desa Serdang Indah, Kecamatan Luas yang belum pernah dilintasi kendaraan roda empat. Menariknya desa ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, namun akses masuk ke desa tersebut hanya bisa dilintasi motor. Sehingga sejak jadi desa hingga kini, tidak ada mobil yang melintasi jalan desa.

Pantauan RB, jalan lintas desa mereka cukup lebar. Namun yang dibuat jalan hanya sekitar satu meter lebarnya. Karena jalan tersebut khusus bagi pengendara motor. “Karena pintu masuk ke Serdang Indah ini hanya jembatan gantung yang panjangnya lebih dari 70 meter. Itupun harus perawatan terus, papan jembatan gantung setahun sekali harus diganti,” kata Kades Serdang Indah, Rozianto.

Warganya berharap Pemprov Bengkulu dapat membangun jembatan permanen menuju ke Serdang Indah. Karena tanpa jembatan permanen, selamanya Desa Serdang Indah tidak bisa dilintasi mobil. Padahal potensi Desa Serdang Indah cukup banyak, mulai dari pertanian dan kolam ikan.

“Sejak 10 tahun lalu berjuang agar ada jembatan permanen dari Serdang Indah tembus ke SP 8. Kita pastikan perekonomian di Muara Sahung akan meningkat, apalagi ada rencana pemerintah membangun transmigrasi kawasan kota terpadu di Muara Sahung. Kita hanya butuh jembatan permanen sepanjang 50 meter,” harap Rozianto.

Anggota DPRD Kaur, Djamian Khatmir mengatakan kalau jembatan dibangun ke Serdang Indah jalan tersebut akan jadi alterntif jika jalan Luas ke Muara Sahung putus. Tidak hanya itu, jarak tempuh dari Luas ke Muara Sahung akan lebih singkat, sekitar 10 KM.

Dengan kondisi jalan sekarang yang rawan longsor dan ambles membuat jalan lintas Luas – Muara Sahung rawan putus. Dia berharap Pemrov Bengkulu dapat meninjau kembali usulan pembangunan jembatan permanen menuju ke Desa Serdang Indah. “Kita sangat mendukung pembangunan jembatan permanen, apa lagi sudah bertahun-tahun didambakan warga Serdang Indah,” demikian Djamian.(cik)

Berita Lainnya

SMAN 1 Kaur Dominasi 10 Besar BJB 2020

KOTA BINTUHAN – Hasil seleksi beasiswa Bintang Jemput Bintang tahun 2020, 10 besar didominasi dari …