Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Dianggarkan Rp 11 M untuk Dana Jamkesda

Dianggarkan Rp 11 M untuk Dana Jamkesda

KOTA MANNA – Pemkab Bengkulu Selatan (BS) saat ini buat terobosan dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Pemkab sudah siap menggelentorkan dana Rp 11 miliar yang diperuntukan untuk biaya pengobatan ditingkat puskesmas hingga rumah sakit tipe A secara gratis.
Kabupaten BS merupakan kabupaten pertama yang mengakomodir seluruh biaya pengobatan warga di BS. Berbekal kartu Jamkesda yang diangarkan dari dana APBD tahun 2019 senilai Rp 11 miliar Pemkab berharap tidak ada lagi warga BS kesulitan untuk mendapat pengobatan secara gratis di tingkat puskesmas maupun rumah sakit tipe A. Sebab dana sebesar Rp 11 miliar tersebut sudah dialokasikan bagi semua masyarakat di Kabupaten BS untuk bisa mendapatkan kartu Jamkesda.
Sekertaris BPKAD Kabupaten BS Decky Zulkarnain, S.Sos mengatakan Jamkesda ini memang menjadi salah satu prioritas utama Pemkab BS dalam menuntaskan persoalan kesehatan yang selama ini terkendala dengan biaya. Nanti selain mendapatkan pengobatan secara gratis di puskesmas, warga di BS juga dapat mengakses pengobatan di rumah sakit rujukan yang bertaraf internasional. ‘’Ini salah satu langkah untuk mengutamakan persoalan kesehatan di BS. Karena selama ini biaya selalu menjadi kendala,” terang Decky.
Saat ini juga Pemkab lagi menginput beberapa data dan kelengkapan syarat adminstrasi bagi seluruh masyarakat di BS agar mendapatkan kartu Jamkesda ini. “Untuk mewujudkannya, sekarang seluruh warga BS sedang didata syarat adiministrasinya,” ujar Decky.
Ditambahkannya, dengan APBD Kabupaten BS sebesar Rp 1 triliun, dipastikan Pemkab BS akan mampu untuk mengakomodir semua pembiayaan kesehatan. ‘’Ini akan direalisasikan pada APBD 2019,” jelasnya.(tek)

Berita Lainnya

Curi HP Teman Sekolah

KOTA MANNA – Sungguh tidak layak ditiru perbuatan dua remaja  berinisial Pu (15) dan Ri ...