Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Eks Kaur Utara dan Nasal Sulit Dijangkau

Eks Kaur Utara dan Nasal Sulit Dijangkau

DITARIK: Satu unit mobil damkar terpaksa ditarik karena tidak bisa jalan lagi.

KOTA BINTUHAN – Kasus kebakaran kini masih menjadi momok di Kaur. Apa yang terjadi? Mobil damkar milik Dinas Satpol PP dan Damkar Kaur tinggal 2 unit. Alhasil daerah yang jauh jarak tempuhnya seperti desa-desa di Kecamatan eks Kaur Utara dan Nasal sulit dijangkau. Bahkan saat mobil tiba, rumah atau bangunan yang terbakar sudah rata dengan tanah atau dipadamkan warga setempat.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Jon Harimol, M.S.I melalui Kabid Damkar Elfi Sofyan menyatakan seyogyanya mereka memiliki 3 unit mobil damkar. Satu unit mobil peninggalan Kabupaten Induk Bengkulu Selatan rusak. Sehingga yang bisa dioperasikan hanya 2 unit. “Dua unit ini melayani semua kecamatan. Tapi yang jauh sulit juga dijangkau,” terang Elfi.

Pemkab Kaur lanjut dia belum juga merealisasikan pembelian mobil damkar baru. Padahal dengan wilayah yang cukup luas, setidaknya Kaur minimal punya 5 unit mobil damkar. Karena beberapa kali terjadi kebakaran di Nasal dan eks Kaur Utara, Kinal dan Muara Sahung. “Rencana kita unit penempatan mobil damkar di eks Kaur Utara, Nasal dan Kaur Tengah sulit dipenuhi. Karena anggaran kita terbatas untuk beli mobil,” imbuh Elfi.

Kendati sudah beberapa kali mengusulkan anggaran, namun Pemkab Kaur baru membeli satu unit damkar baru tahun 2016 lalu. Dengan 26 anggota pemadam kebakaran, dua unit damkar tersebut jadi andalan jika terjadi kebakaran. Seperti yang terjadi Januari 2019 lalu. “Untuk perkantoran kita berharap ada pengadaan sendiri untuk alat pemadam api. Guna mengantisipasi jika terjadi kebakaran di kantor-kantor,” sambung Elfi.

Kini bidang damkar juga rutin menggelar pelatihan bagi anggotanya. Dengan harapan ke depan akan lebih terampil melaksanakan tugas jika terjadi kebakaran. Baik kebakaran lahan ataupun rumah padat penduduk.(cik)

Berita Lainnya

Operasi Wanalaga Nala, Polres Kaur Amankan 11 Burung

KOTA BINTUHAN– Sebanyak 11 ekor burung yang dilindungi, Kamis (20/2) diamankan Unit Tipiter Polres Kaur. …