Minggu , 25 Agustus 2019
Home / Daerah / Kaur / Hasil Panen Hampa, Petani Muara Sahung Rugi

Hasil Panen Hampa, Petani Muara Sahung Rugi

PANEN: Petani di Muara Sahung saat sedang panen padi.

KOTA BINTUHAN – Hasil panen padi di sejumlah wilayah belum merata. Kendati demikian sebagian petani padi yang sudah panen saat ini sudah mengeluhkan hasil awal tahun 2019 ini. Karena banyak padi yang dipanen hampa, sehingga hasilnya tidak sesuai harapan.

Salah satu contohnya hasil panen di hamparan sawah Kecamatan Muara Sahung. Pantauan RB, sebagian besar petani mengaku hasil panen merosot 50 persen dari tahun sebelumnya. Selain hampa, sawah juga diserang tikus. Sehingg padi mereka tidak tumbuh dengan bagus.

“Hasilnya mengecewakan, karena banyak padi hampa. Kalau biasanya panen bisa dapat 14 karung padi, kini hanya tujuh karung. Boleh dikatakan gagal tahun ini,” keluh Petani Desa Muara Sahung, Kecamatan Muara Sahung, Sofian.

Sementara di Tanjung Kemuning petani khawatir karena sebagian padi yang mereka tanam daunnya mulai menguning. Padahal padi baru mulai tumbuh. Petani berharap penyuluh pertanian turun memastikan penyakit yang mulai meresahkan petani. “Daunnya saja yang menguning, paginya baru mau tumbuh. Kita cemas, takut berdampak pada buah,” cerita Petani Desa Selika, Kecamatan Tanjung Kemuning, Keram.

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), David Marsal mengatakan terus memantau kondisi di Tanjung Kemuning dan Muara Sahung. Kini sebagian besar padi di Kaur masih masa pertumbuhan dan belum banyak yang panen. “Kita juga imbau petugas lapangan rutin turun ke hamparan sawah,” demikian David.(cik)

Berita Lainnya

Kelelahan Jemaah Haji Asal Kaur Meninggal di Padang

KOTA BINTUHAN – Siang ini,  Sabtu (24/8) jemaah haji asal Kabupaten Kaur tiba di Kaur. ...

error: Content is protected !!