Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Potensi Alami Ngup-ngup Siap Dikembangkan

Potensi Alami Ngup-ngup Siap Dikembangkan

POTENSI: Pemandian Air Ngup-ngup di Kecamatan Bang Haji, Bengkulu Tengah (Benteng) akan dikembangkan menjadi wisata andalan Benteng.

BENTENG – Potensi wisata di pemandian Air Ngup-ngup di Desa Bang Haji, Kecamatan Bang Haji, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), yang masih sangat alami akan dikemas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Benteng untuk dikembangkan lebih baik menjadi wisata andalan.

Kadisparbud Benteng, Gunawan Wibisana, S.STP, M.Si menjelaskan, Benteng dikenal dengan berbagai objek wisata alaminya. “Hal itu bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak peningkatan bidang lainnya,” terang Gunawan, kemarin (3/2).

Dijelaskannya, peningkatan tersebut antara lain seperti infrastruktur yang baik untuk memudahkan pengunjung mencapai lokasi objek wisata. Untuk hal ini secara bertahap, dapat mulai terlihat di beberapa objek wisata andalan lainnya yang ada di Benteng.

“Kemudian, pengenalan atau promosi wisata sangatlah penting. Tanpa itu semua objek wisata yang sangat baik malah bisa terpendam. Untuk itu, berbagai kegiatan juga harus dilakukan di lokasi objek wisata yang akan dikenalkan,” katanya.

Hal lainnya, menyangkut kesadaran masyarakat terutaam di sekitar objek wisata. Disparbud sudah menjalankan beberapa kegiatan untuk merangkul masyarakat menjadi pelaku wisata melalui program sadar wisata.

Dengan potensi yang sangat baik, Gunawan optimis Kabupaten Benteng dengan beberapa jenis wisata yang ditawarkan, ke depannya akan menjadi daerah tujuan wisata. Bukan hanya untuk kalangan di Provinsi Bengkulu, melainkan juga untuk pengunjung dari daerah lain.

“Sekali lagi, promosi itu sangat penting jika ingin wisata Benteng sejajar dengan wisata daerah lain,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Bang Haji, Kasman Sori mengaku siap membimbing masyarakatnya menjadi pelaku wisata. Karena, dirinya yakin hal itu akan memberikan berbagai peluang bagi masyarakat melalui banyaknya pengunjung yang datang. “Paling tidak bisa menjadi lahan usaha baru untuk masyarakat di sekitar objek wisata,” demikian Kasman. (vla)

Berita Lainnya

177 Petugas Siaga Karhutla

BENTENG – Sebanyak 177 petugas dari Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Benteng ditugaskan mengantisipasi ...

error: Content is protected !!