Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Revisi Perda Ternak

Revisi Perda Ternak

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko ajukan revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang Penertiban Hewan Ternak. Pengajuan revisi itu dapat dukungan dari anggota DPRD Mukomuko. Dan anggota DPRD Mukomuko berharap, revisi yang dilakukan itu hendaknya menghasilkan sebuah Perda yang tegas.

“Jangan sampai menyalahi aturan. Revisi Perda yang diajukan Pemkab, salah satunya terkait dengan teknis penyetoran dana denda dari pemilik ternak yang melanggar aturan,” kata anggota DPRD Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE.

Selama ini, katanya, Dinas Satpol PP dan Damkar Mukomuko menyetorkan dana denda ternak sesuai Perda Nomor 26 Tahun 2011 tentang penertiban hewan ternak. Dana itu dimasukkan ke Kas Daerah (Kasda) melalui Badan Keuangan Daerah (BKD), setelah dana itu dipotong untuk biaya operasional.

Seharusnya semua uang denda yang didapat disetorkan seluruhnya ke Kasda. Lalu untuk uang operasional baru bisa dikeluarkan pada tahun berikutnya. ‘’Memang kami akui, untuk mekanisme ini sangat menyulitkan. Karena biaya operasional mereka tidak ada. Kalau pun ada, jumlahnya sedikit sekali,” jelas Ali.

Untuk merevisi Perda tentang Penertiban Hewan Ternak itu, pihaknya masih mempelajari sejumlah materi dari semua isian yang tercantum dalam Perda tersebut. Namun akan dipercepat pembahasannya, sehingga revisi Perda itu dapat menghasilkan perda yang berkualitas dan tidak bertentangan dengan aturan.

“Menurut saya memang harus ada anggaran khusus untuk operasional personel dalam melaksanakan penertiban ternak. Dengan adanya anggaran khusus, maka dana denda yang didapat dari warga yang melanggar aturan dapat disetorkan secara keseluruhan tanpa ada pemotongan untuk dana operasional,” demikian Ali.(hue)

Berita Lainnya

Dukung Wonderful Bengkulu 2020

PELABAI – Delapan dari 9 kabupaten serta 1 kota se-Provinsi Bengkulu sepakat prioritaskan pengembangan potensi ...

error: Content is protected !!