Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Rusa di Kantor Bupati Tak Terurus

Rusa di Kantor Bupati Tak Terurus

BEBAS: Tampak pengunjung bebas memberikan makanan kepada rusa-rusa di halaman kantor bupati Kepahiang.

KEPAHIANG – Sekitar 23 ekor rusa yang dipelihara di halaman kantor Bupati Kepahiang, tampak mulai tidak terurus. Hal ini terlihat dari kondisi rusa yang umumnya terlihat kurus, bahkan beberapa diantaranya tampak sakit. Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi para pengunjung yang setiap sore menghabiskan waktu dengan duduk dan nongkrong di halaman kantor bupati.

Bahkan pantauan RB, rusa-rusa tersebut terlihat tidak teratur dalam hal makan. Selain kondisi rerumputan di kandang yang tak lagi subur, terkadang juga masyarakat dengan bebasnya memberikan makanan apa saja kepada rusa-rusa tersebut.

Beberapa pengunjung bahkan menyayangkan kondisi rusa-rusa tersebut yang tampak tak terawat. Salah satunya adalah Yongky (38) warga asal Kelurahan Pasar Kepahiang, yang setiap akhir pekan tampak menghabiskan waktu bersama keluarganya nongkrong di halaman kantor bupati tersebut. Menurutnya saat berkunjung dilokasi kebun rusa tersebut setiap pengunjung bebas, tanpa ada pengawasan dan juga kontrol saat memberikan makan kepada satwa tersebut.

“Enggak ada yang ngalarang, bebas aja ngasih makan. Itu banyak juga yang ngasih makan bunga sama daun. Hal ini mungkin yang membuat rusa-rusa itu kekurangan gizinya. Padahal beberapa tahun lalu, rusa-rusa ini badannya gemuk, tapi sekarang kurus,” terangnya.

Dengan minimnya kontrol terhadap pengunjung saat memberi makan kepada satwa tersebut, tak ayal akan memberikan dampak buruk terhadap rusa tersebut bahkan bisa saja hal fatal terjadi saat makanan yang diberikan adalah makanan yang sifatnya beracun.

“Banyak juga sampah di dalam kandang. Memang harusnya diawasi, jadi keamanan makanan yang diberikan pengunjung juga bisa terkontrol,” singkatnya. Terkait kondisi ini Plt Kadis Dinas Pariwisata dan Olahraga (Kadisparpora) Kabupaten Kepahiang Nuriansyah, ST belum bisa dikonfirmasi. (sly)

Berita Lainnya

Pelantikan Dewan Baru Kepahiang Diwarnai Insiden Mati Lampu

KEPAHIANG – Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Periode 2019-2024 digelar Sabtu (23/8) ...

error: Content is protected !!