Rabu , 24 April 2019
Home / Breaking News / Siap Hadapi Ujian Nasional Ala YOUTHZ

Siap Hadapi Ujian Nasional Ala YOUTHZ

RakyatBengkulu.com – Belajar dan ujian sudah menjadi satu paket rutinitas yang harus dilakukan seorang siswa. Tapi, ketika ujian kurang persiapan akhirnya justru gagal fokus. Bahkan, bisa jadi stres sendiri.Lalu, gimana sih seharusnya persiapan supaya kondisi ideal saat menghadapi Ujian? Simak tips Youthz berikut ini!

Selalu Mencatat Materi Pelajaran

Mencatat atau merangkum ulang materi pelajaran sepertinya bisa kamu terapkan. Karena dengan menulis, otak akan lebih mudah merekam informasi. Sehingga ilmu yang dipelajari lebih cepat dimengerti dan lebih awet diingatan.

Selain itu, kalo kamu rajin merangkum kamu akan lebih cepat menemukan intisaridari sebuah pembahasan. Jadi, kalo ada yang terlewatkan juga dari ingatan, kamu akan lebih cepat mencari jawabannya.

Review dan Latihan Soal Biar Makin Paham

Pribahasa mengatakan,“lancar kaji karena diulang”. Jadi, persiapkan diri kamu untuk menghadapi ujian dengan banyak latihan soal. Beri waktu untuk diri kamu me-review apa yang sudah kamu pelajari hari ini, 1 sampai 5 soal sebelum tidur cukup kok.

Hal ini juga bakal menghindari kamu dari nervous melihat soal ketika ujian, pas lihat soal “wah, soal yang ini! Udah biasa aku kerjain”.

Jangan Biasakan Begadang

Udah belajar semalaman, tapi tiba-tiba nge-blank saat ujian? Nah, menurut Daily Health, apabila kita nggak tidur selama 23-25 jam alias seharian penuh, maka daya memori serta koordinasi mata dan tangan bakal terganggu. Thats why, yang namanya bela-belain begadang H-1 buat belajar itu gak akan worth it. Jadi, kamu tetap harus lakukan persiapan nomor 1 dan 2.

Strategi Sesuai “Jam Belajar”

Gak boleh begadang bukan berarti gak boleh belajar malam. Kalo waktu belajar di sekolah sudah ditentukan, gak sama dengan otak dan pikiranmu. Youthz ngerti banget kok, ada jam-jam tertentu yang terkadang kemampuan otak menyerap informasi akan lebih mudah ketika jam tersebut. Misalnya, dari jam 19.00 sampai jam 9 malam. Ada juga yang baru bisa belajar kalo udah dini hari. Jadi, coba temukan jam “belajarnya kamu”, barulah atur strategi.

Kamu tipe yang kalo belajar baru bisa masuk ke otak kalo udah jam 3 subuh keatas? Artinya kamu gak usah maksain buat berpikir keras dari jam 7 malam. Lebih baik manfaatkan untuk tidur, dan pasang alarm jam 3 subuh. Atau kamu bisa lebih fresh belajar dipagi hari? Artinya kamu bisa fokus cuma di jam sekolah, berarti kamu harus maksimalkan waktu belajarmu disekolah.

Atur Skala Prioritas

Semakin dekat dengan waktunya, kamu harus semakin menempatkan belajar di prioritas atas daripada main PUBG, atau hangout ke mall. Eh, tapi kesehatan juga penting! Jangan sampai juga kamu belajar terus-terusan sampai sakit. Kurangi kegiatan yang nggak penting, atur jadwal belajar, imbangi dengan makan makanan bergizi.

Berita Lainnya

TNI AL- Polri Kawal Ketat Logistik Pemilu dari Enggano

BENGKULU – KRI Kurau 856 tiba di dermaga Nusantara Pelindo II Pulau Baai Bengkulu, Selasa ...

error: Content is protected !!