Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Metropolis / Sulit Dapat CPNS Dokter Spesialis

Sulit Dapat CPNS Dokter Spesialis

BENGKULU – Pemprov Bengkulu kesulitan mendapatkan dokter spesialis dalam seleksi penerimaan CPNS. Bahkan saat dibuka pendaftaran CPNS 2018 lalu, formasi ini tidak ada peminat atau pelamarnya.  Asisten III Pemprov Bengkulu, H. Gotri Suyanto mengatakan solusi untuk mendapatkan tenaga dokter spesialis adalah menyekolahkan dokter-dokter umum yang sudah berstatus PNS.

Tahun ini juga sudah ada anggaran untuk beasiswa tugas pendidikan untuk dokter umum itu. “Peningkatan SDM ini, terkait kesulitan mendapatkan dokter spesialis, nanti kita sekolahkan dokter umum untuk belajar spesialis,” terangnya.

Untuk seleksi beasiswa dokter spesialis ini secara teknis akan dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu bersama dengan Dinas Kesehatan. Seleksi akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI saat dibukanya seleksi mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi yang membuka program spesialisasi dokter,” katanya.

Para dokter umum Pemda Provinsi Bengkulu yang lulus tes seleksi mahasiswa baru ini nanti, akan diikat perjanjian. Yang pertama menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Kemudian kembali lagi ke Pemprov Bengkulu untuk melaksanakan tugas. Dalam artian tidak mengajukan pindah dalam jangka waktu tertentu setelah mendapatkan gelar spesialis.

“Ada klausul yang kita buat untuk mengikatnya. Kalau tidak nanti mereka lama menyelesaikan tugas pendidikannya,” terangnya.

Dengan solusi ini, beberapa tahun kedepan akan banyak dokter spesialis yang dimiliki oleh Pemda Provinsi Bengkulu. Seiring dengan selesainya mereka menimba ilmu. “Kalau teknisnya itu akan diatur seluruhnya nanti. Ini sebagai salah satu solusi,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

Dewan Ingatkan Serapan Anggaran OPD

BENGKULU – Memasuki pembahasan KUA-PPAS rancangan APBD 2020, DPRD Kota Bengkulu meminta agar Organisasi Pemerintah ...

error: Content is protected !!