Rabu , 26 Juni 2019
Home / Breaking News / Dua Sungai Meluap, 500 Rumah dan Jalan Terendam di Kabupaten Lebong

Dua Sungai Meluap, 500 Rumah dan Jalan Terendam di Kabupaten Lebong

BANJIR : Kondisi jalan yang terendam akibat meluapnya dua sungai di Kabupaten Lebong, Selasa (5/2). (foto : aris/rb)

LEBONG UTARA –  Hujan yang mengguyur Kabupaten Lebong sejak Minggu (3/2) hingga Selasa (5/2) membuat Sungai Air Ketahun dan Sungai Air Kotok meluap. Akibatnya sejumlah jalan dan sekurangnya 500 rumah terendam.  Longsor juga terjadi di jalur lintas utama Lebong-Bengkulu Utara.  Tepatnya di Desa Talang Ulu, Kecamatan Lebong Utara dan Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pelabai.  Terparah di Desa Kampung Muara Aman dan Desa Nangai Amen dengan kedalaman air hingga satu meter.

Hingga berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa.   ‘’Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa maupun luka,’’ kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, Fachrurrozi, S.Sos, M.Si kepada RB tadi malam.

Untuk 2 titik jalan yang longsor, Fachrurrozi pastikan sudah bisa dilewati kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat karena material longsor sudah dievakuasi tim BPBD dibantu Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub), Polres Lebong dan Kodim 0409 Rejang Lebong. Bahkan alat berat tetap disiagakan di sekitar lokasi guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas ketika terjadi longsor susulan.

‘’Alhamdulillah airnya terus surut dan mudah-mudahan malam ini (tadi malam, red) bisa benar-benar surut. Yang pasti kami minta warga tetap siaga. Kami sendiri tetap menyiagakan petugas untuk memantau kondisi di lapangan,’’ terang Fachrurrozi.

Terpisah, Kapolres Lebong, AKBP. Andree Ghama Putra, SH, S.IK melalui Kasat Lantas, Iptu. Panehan Washington Somamora mengimbau agar masyarakat menunda beraktivitas di titik-titik jalan yang rawan banjir dan longsor. Khususnya ketika hujan masih mengguyur. ‘’Kalaupun terpaksa harus keluar rumah, pastikan tidak sendirian,’’ tukas Panehan. (sca)   

Berita Lainnya

315 PNS Bakal Pensiun

PELABAI – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal terus ...

error: Content is protected !!