Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Lebong / Bawaslu Tertibkan 112 APK

Bawaslu Tertibkan 112 APK

PENERTIBAN: Anggota Bawaslu bersama Satpol PP menurunkan APK caleg yang dipasang di areal TPU Desa Embong Panjang, Kecamatan Lebong Tengah.

AMEN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong, Senin (4/2) menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) yang dipasang tidak pada tempatnya. Dalam penertiban yang melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polres Lebong itu, terjaring 112 APK yang dinilai melanggar aturan.

Meliputi 29 baliho, 33 bendera, 50 stiker billboard dan 1 stiker milik calon legislatif dan partai politik (parpol) yang ditertibkan dari 8 kecamatan. Rinciannya Kecamatan Lebong Atas 6 bendera dan 2 baliho, Kecamatan Pelabai 2 baliho, 2 bendera dan 1 stiker serta Kecamatan Lebong Utara 12 bendera dan 3 baliho. Selanjutnya Kecamatan Amen 4 baliho, Kecamatan Uram Jaya 49 stiker dan 5 baliho.

Kemudian Kecamatan Lebong Tengah 11 bendera dan 8 baliho. Kecamatan Bingin Kuning 4 baliho dan 1 bendera serta di Kecamatan Lebong Selatan 1 bendera dan 1 baliho. ‘’Empat kecamatan lain, yakni Topos, Rimbo Pengadang dan Pinang Belapis akan kami tertibkan menyusul,’’ tegas Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong, Jeffriyanto, M.Pd didampingi Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Sabdi Destian, S.Sos.

Penertiban itu menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan Komisi Pemilhan Umum (PKPU) Nomor 23, Nomor 28 dan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Juga Peraturan Bawaslu Nomor 28 dan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengawasan Kampanye Pemilu. Termasuk Keputusan Bupati Lebong Nomor 370 Tahun 2018 tentang Penetapan Taman Kota, Hutan Kota dan Jalur Hijau Kabupaten Lebong.

‘’Pelanggarannya beragam. Ada yang memasang atribut kampanye di tiang listrik, rumah atau tanah pribadi tanpa izin pemilik. Bahkan di areal TPU (tempat pemakaman umum, red),’’ ungkap Jeffriayanto.(sca)

Berita Lainnya

62 PNS Bolos Terancam 3 Sanksi

PELABAI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong, H. Mustarani, SH, M.Si memastikan Pegawai Negeri Sipil ...

error: Content is protected !!