Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Disparpora: Anggaran Pakan Rp 65 Ribu/Hari

Disparpora: Anggaran Pakan Rp 65 Ribu/Hari

MAKANAN RUSA: Petugas Disparpora Kepahiang memberikan makan rusa-rusa yang ada di halaman kantor Bupati Kepahiang.

KEPAHIANG – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepahiang menampik informasi bahwa pihaknya tidak memberikan perhatian serius terhadap 26 ekor rusa yang berada di halaman kantor Bupati Kepahiang. Bahkan Disparpora mengklaim, setiap hari selalu memberikan pakan baik pagi dan sore hari untuk rusa-rusa di sana.

Plt Kepala Disparpora Kepahiang, Nuriansyah, ST menjelaskan rusa-rusa yang berada di halaman kantor bupati sangat terurus. Bahkan setiap hari selalu ada petugas yang melakukan pemantauan kondisi rusa. Pemkab Kepahiang setiap tahun juga selalu mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan rusa-rusa tersebut.

“Setiap harinya anggaran untuk pakan rusa dialokasikan sebesar Rp 65 ribu. Pakannya terdiri dari sayur kangkung, kacang, wortel, dan terong sesuai dengan saran dan petunjuk dari BKSDA Provinsi Bengkulu,” ungkap Nuriansyah.

Menurut Nuriansyah, satu karung penuh makanan yang disiapkan mampu memberi makan 26 ekor rusa untuk 3 hari, pada pagi dan sore harinya. Selain itu juga kondisi rusa-rusa tersebut selalu dikontrol secara kontinyu setiap bulan guna memastikan kesehatannya.

“Kalau ada yang gemuk dan kurus, menurut kami ya itu normal. Karena setiap diberi makan, rusa-rusa tersebut berebut. Bagi rusa yang kecil, jelas kalah tenaga dengan rusa yang besar saat berebut makanan. Hal tersebut alamiah, jadi bukan berarti tidak mendapat perhatian. Kalau untuk kesehatan hewannya, kita secara berkala selalu melakukan pengecekan dan pemeriksaan,” beber Nuriyansyah.(sly)

Berita Lainnya

Dana Insentif Daerah Turun Drastis

KEPAHIANG – Ada yang menarik dari pelaksanaan rapat paripurna yang digelar, Senin (21/10) di gedung ...

error: Content is protected !!