Minggu , 17 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pemeliharaan Jalan Nasional Hanya Rp 9,5 M

Pemeliharaan Jalan Nasional Hanya Rp 9,5 M

JALAN PROVINSI: Beginilah kondisi salah satu ruas jalan provinsi ketika hujan di Kecamatan V Koto. Butuh perhatian serius dari Pemprov Bengkulu.

MUKOMUKO – Anggaran penanganan dan pemeliharaan jalan nasional di Mukomuko nyaris sama besar dengan anggaran penanganan dan peningkatan ruas jalan provinsi di Mukomuko. Informasinya pemerintah pusat tahun ini hanya mengalokasikan dana Rp 9,5 miliar, untuk preservasi rehabilitasi minor jalan batas Sumatera Barat (Sumbar) dengan Mukomuko.

Pengerjaan diserahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tentu jumlah ini terbilang sedikit, pasalnya, panjang jalan nasional di Mukomuko lebih dari 100 kilometer. Anggaran yang hampir sama juga dikucurkan pemerintah provinsi, yakni Rp 9,87 miliar. Padahal, panjang ruas jalan yang jadi tanggung jawab provinsi juga hampir sama dengan panjang ruas jalan nasional.

Pemprov akan mengucurkan dana Rp 9,87 miliar ke Mukomuko. Rencananya untuk kelanjutan peningkatan jalan Mukomuko – Dusun Gedang – Simpang Yamaja Pondok Kopi. Jalan tersebut ditingkatkan dari konstruksi lapen ke konstruksi hotmix yang akan dimulai akhir triwulan pertama tahun ini.

Peningkatan jalan itu, ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu. Artinya, dananya tidak dikucurkan ke Dinas PUPR Mukomuko. Selain itu, Pemprov informasinya akan menyusun master plan pembangunan pelabuhan laut di Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya. Pekerjaan itu akan ditangani Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu. Dana sebesar Rp 628,1 juta sudah disiapkan dan mulai berjalan tahapannya di April 2019.

Plt Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Ruri Irwandi, ST, MT mengaku belum tahu pastinya. Minggu ini, dia akan dinas luar ke Kota Bengkulu untuk mengkonfirmasi, kegiatan pembangunan apa saja yang dilaksanakan Pemprov di Mukomuko.

Dia perlu tahu, agar ada sinergitas dalam pembangunan di Mukomuko. Serta untuk menjawab pertanyaan masyarakat, terkait apa saja yang dikerjakan Pemprov untuk meningkatkan infrastruktur di Mukomuko. Khususnya infrastruktur yang jadi kewenangan Pemprov Bengkulu. “Kita cek dulu, apa saja yang sudah pasti. Kalau informasi sementara, ada sejumlah pekerjaan itu. Kita mau dalam bentuk tertulis, agar lebih jelas. Termasuk memastikan kegiatan yang didanai APBN,” demikian Ruri.(hue)

Berita Lainnya

Butuh Sirene Tsunami

MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko butuh sirene bencana alam tsunami. Mengingat, perangkat itu bagian dari upaya ...

error: Content is protected !!