Senin , 18 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Realisasi Cetak Sawah

Realisasi Cetak Sawah

MUKOMUKO – Dinas Pertanian Mukomuko segera mendata luas lahan kebun kelapa sawit dan rawa milik masyarakat, yang telah dicetak jadi lahan sawah baru. Juga yang belum dicetak jadi sawah melalui program cetak sawah baru tahun 2018. Langkah ini, karena belum ada hasil final terkait dari realisasi pekerjaan cetak sawah baru ke OPD tersebut.

“Sampai sekarang kami belum menerima data luas lahan yang dicetak jadi sawah dari petugas. Dalam waktu dekat ini, kami akan minta data untuk mendata di lapangan,” terang Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Distan, Ali Mukhibin, S.Hut.

Sebelumnya, pemerintah pusat mempanjang waktu untuk menyelesaikan pekerjaan cetak sawah baru. Yakni ditambah waktu 90 hari untuk menuntaskan cetak sawah baru seluas 400 hektare. Ini karena informasi yang diperoleh pusat, realisasi pekerjaan belum mencapai 100 persen.

Diantara pekerjaan yang masih harus disempurnakan, seperti pekerjaan meratakan bagian permukaan tanah di lahan seluas 100 hektare. Juga perbaikan sejumlah saluran irigasi tersier di lahan yang telah dicetak jadi sawah. Disebabkan ada bagian permukaan saluran tersier yang masih datar. Akibatnya, air tidak lancar mengalir ke lahan persawahan.

“Kegiatan pemerataan bagian permukaan tanah, termasuk perbaikan sejumlah saluran tersier yang masih datar itu masuk dalam kegiatan cetak sawah. Kita optimis, pihak yang mengerjakan dapat menuntaskan sampai 100 persen,” yakin Ali.(hue)

Berita Lainnya

Vaksinasi HPR Tuntas November

MUKOMUKO – Vaksinasi Hewan Pembawa Rabies (HPR), ditarget rampung di November ini. Total, sudah 2.350 ...

error: Content is protected !!