Jumat , 26 April 2019
Home / Metropolis / Tahun Baru Imlek Ajang Kumpul Keluarga

Tahun Baru Imlek Ajang Kumpul Keluarga

PANTAU: Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Drs. Supratman beserta rombongam disambut barongsai saat melakukan pemantauan perayaan Imlek, Selasa (5/2) pagi. .

BENGKULU – Masyarakat Tionghoa di Provinsi Bengkulu ikut merayakan tahun baru Imlek/tahun baru Cina 2570 yang jatuh pada Selasa (5/2) kemarin. Berbagai perayaan menjelang dan penutupan Tahun Baru Imlek di gelar di Kota Bengkulu. Bagi warga etnis Tionghoa, tahun baru Imlek maknanya sama dengan hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim, yaitu hari kemenangan.

“Maknanya sama dengan perayaan Idul Fitri, hari kemenangan. Pada kumpul semua sanak saudara. Identik dengan banyak makanan, terutama kue keranjang dan jeruk,” kata Ketua Harian Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Bengkulu, Iryanka Aditya kepada RB, kemarin.

Iryanka menerangkan, ada sekitar 3.000 warga etnis Tionghoa tersebar di 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu ikut merayakan Tahun Baru Imlek. Untuk di Kota Bengkulu sendiri, pada hari perayaan puncak Imlek kemarin, sejak pagi warga etnis Tionghoa berbondong-bondong mendatangi Klenteng di Lingkar Barat, dan Vihara Budhayana Kampung Cina untuk berdoa. Nantinya Minggu (17/2) di Vihara Budhayana akan dilaksanakan perayaan Imlek Cap Go Meh 2570 sebagai penutup perayaan, yang akan dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai.

“Dari kita sendiri (PSMTI) menggelar festival kuliner menyambut tahun baru Imlek, juga bagi-bagi angpao kepada 500 anak di BIM. Dibeberapa tempat juga dilakukan pertunjukan Barongsai dalam rangka merayakan tahun baru imlek,” beber Iryanka.

Melalui peringatan tahun baru Imlek ini juga, Iryanka berharap masyarakat Indonesia dengan kemajemukan suku, agama tetap bersatu dan tidak terpecah meskipun ditengah perbedaan. Bagi warga etinis Tionghua sendiri, juga sebagai ajang berkumpul dan bersilahturahmi dengan kerabat serta keluarga. “Menjadi momen berkumpul sanak saudara, merayakan tahun baru Imlek bersama-sama,” jelasnya.

Kapolda Pantau

Sementara itu, kemarin Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Supratman, MH bersama dengan Danrem 041/ Gamas, Kolonel Inf Dwi Wahyudi S.An, MM memantau ke sejumlah lokasi perayaan Imlek yakni di Klenteng Jalan Jenggalu Kelurahan Lingkar Barat dan Vihara Budhayana yang berada di kawasan Kampung Cina.

Kapolda Supratman mengatakan jika tanggungjawab keamanan bukan dari personil kepolisian dan TNI saja, melainkan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, ditemui usai memantau tersebut, Kapolda Supratman mengajak semua elemen untuk meningkatkan toleransi antar sesama umat beragama guna terwujudnya situasi keamanan yang kondusif. “Mari kita sama-sama menjaga keamanan agar situasi kondusifitas yang baik selama ini dapat terus dipertahankan,” ujar Supratman.

Dalam melakukan pengamanan terhadap perayaan tahun baru imlek ini, Polda Bengkulu dan jajaran sudah menurunkan personil. Selain yang bertugas di lapangan, mereka juga menyiapkan personil yang standby di mako dan juga anggota yang berpakaian preman. Hal ini guna memastikan situasi aman dan terkendali hingga tidak terjadi gangguan kamtibmas selama perayaan imlek berlangsung.

Sementara itu, Danrem 041/ Gamas, Kolonel Inf. Dwi Wahyudi memastikan dalam menjaga kondusifitas wilayah tentunya mereka siap membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan. “Semua personil kita libatkan dalam menjaga keamanan, semuanya siaga,” ujar Danrem

Sementara, Ketua Yayasan Satya Budi Bengkulu, Edi Susanto saat ditemui di Vihara Kampung Cina mengatakan perayaan imlek ini dimaknai sebagai wujud kegembiraan merayakan pergantian tahun dari musim dingin ke musim semi. Menurutnya, di negeri tirai bambu masyarakat Cina yang kalangan petani bergembira karena bisa bercocok tanam. “Menyambut pergantian tahun dari musim dingin ke musim semi dengan kegembiraan,” ujar Edi Susanto.

Ditambahkannya, pada shio tahun babi dimaknai sebagai tahun kesuksesan sesuai dengan bidang masing-masing. Oleh karena itu, dibalik kesuksesan tersebut harus banyak-banyak berbuat kebaikan dengan sesama. (key/zie)

Berita Lainnya

Kajian Teknis View Tower Tak Kunjung Selesai

BENGKULU – Hingga saat ini nasib menara View Tower di depan Polres Bengkulu yang memiliki ...

error: Content is protected !!