Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Angka DBD BS Meningkat

Angka DBD BS Meningkat

KOTA MANNA – Memasuki awal Februari 2019, angka demam berdarah (DBD) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) bertambah. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) BS, terdapat 31 angka DBD masuk dalam laporan. Dengan rincian 25 kasus sudah ditangani, dan sisinya masih dalam tahap laporan. ‘’Kini sudah mencapai 31 kasus. Kemarin baru ada 29. Sisanya sudah kita tangani,” kata Kepala Dinkes BS, M. Redhwan Arif,S.Sos, MPH.

Lebih lanjut dikatakan Redhwan, dibandingkan bulan lalu, angka DBD di BS mencapai 18 kasus. Untuk wilayah yang terbanyak terserang DBD, di kawasan Kecamatan Kota Manna serta Kecamatan Manna. ‘’Dua wilayah itu yang banyak terserang,” papar Redhwan.

Untuk pasien DBD sendiri, rata-rata umur yang terjangkit yakni dari anak-anak hingga orang dewasa. Beberapa pasien tersebut sudah dirawat di rumah sakit serta klinik kesehatan. ‘’Untuk saat ini belum ada kasus pasien DBD yang meninggal dunia,” tutur Redhwan.

Ia mengimbau dengan meningkatnya angka DBD tersebut masyarakat diharapkan proaktif melakukan proses 3M. (menguras, mengubur dan menutup). Dikatakan  beberapa tempat penampung air yang selama ini lalai seperti kulkas serta dispenser. Karena pada benda elektronik ini sering terjadi genangan air. ‘’Kulkas ada cairan es, sedangkan di dispenser ada sisa air ketika kita menuangkan air dalam gelas. Itu juga harus diberishkan,” jelas Redhwan.

Redhwan menambahkan, selain melakukan 3M, masyarakat juga harus laporkan jika ada temuan kasus DBD di wilayah sekitar. Maka dapat ditindakanjuti dengan fogging. Pelaporan foging ini bisa menghubungi puskesmas terdekat. “Saat melapor juga disertai bukti bahwa ada keluarga atau masyarakat yang terjangkit DBD,” sampai Redhwan.

Selain itu, masyarakat juga harus bekerjasama dengan tenaga Jumantik yang mensosialisasikan bahaya jentik nyamuk, serta penanganan lainnya. “Tenaga Jumantik kita sudah menyebar ke setiap desa untuk menggalakannya,’’ tutup Redhwan.(tek)

Berita Lainnya

6 Kecamatan Mulai Krisis Air Bersih

KOTA MANNA –Sudah dua bulan lebih memasuki musim kemarau, Kabupaten Bengkulu  Selatan (BS) mulai terjadi ...

error: Content is protected !!