Rabu , 22 Mei 2019
Home / Daerah / Seluma / BPN Ingatkan Kades Taati SKB

BPN Ingatkan Kades Taati SKB

SELUMA – Program Pendafataran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) proyek nasional agraria (Prona), kembali bergulir di Kabupaten Seluma. Dipastikan sebanyak 15 desa akan menerima dan melaksanakan program PTSL di tahun 2019.

Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Seluma, Antoni Tarigan melalui Kasi Penanganan Masalah dan Pengendalian Pertanahan, Dr. Bukhori mengingatkan agar petugas BPN dan kepala desa (kades) senantiasa melaksanakan petunjuk dan aturan. Nantinya semua akan diminta laporan pertanggung jawaban realisasi dari program tersebut.

‘’Kabupaten Seluma masuk wilayah II Sumatera, jadi hanya dikenakan biaya Rp 200 ribu per PTSL, sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri,’’ terang Bukhori, kemarin (6/2).

Dijelaskan Bukhori, sebagaimana tertuang dalam Perbup Nomor 22 Tahun 2018, uang Rp 200 ribu yang dikeluarkan oleh warga penerima program PTSL ini digunakan untuk melengkapi dokumen sertifikat, biaya materai, pengadaan patok tanah serta operasional petugas desa/kelurahan.

‘’Kalau tidak mau tersandung hukum, ikuti aturan dan ketentuan ini. Jika ada petugas desa/kelurahan memungut diluar ketentuan tersebut kami tidak bertanggung jawab. Itu murni perbuatan petugas tersebut,’’ ujar Bukhori.

Lanjutnya di tahun 2019, ATR/BPN Seluma menargetkan 8.500 pengukuran tanah dan meneribitkan 5 ribu sertifikat tanah. Selain itu melakukan registrasi sebanyak 3 ribu bidang tanah yang tersebar di 15 desa penerima program PTSL tahun 2019.

‘’Kami harap nantinya kepada kades yang desanya menerima PTSL untuk dapat bekerjasama mensukseskan program ini, tanpa masalah. Bantu warganya untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan terkait tanah yang merupakan hak miliknya,’’ pesan Bukhori.(aba)

Berita Lainnya

Kades Suban Harus Kembalikan Rp 100 Juta

SEMIDANG ALAS – Berdasarkan hasil audit Inspektorat Seluma terhadap realisasi Dana Desa (DD) Desa Suban, ...

error: Content is protected !!