Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Dana Haji Tidak Naik Kualitas Tetap Ditingkatkan

Dana Haji Tidak Naik Kualitas Tetap Ditingkatkan

KOTA MANNA – Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI menyepakati besaran rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1440 H/2019 sebesar Rp 35,235.602. Meski biaya haji tidak mengalami kenaikan namun Menteri Agama (Menag) menjamin, tetap ada peningkatan kualitas pelayanan haji dibanding tahun lalu.

Kepala Kemenag Bengkulu Selatan (BS) H. Arsan S.Ibrahim, M.HI, mengatakan besaran rata-rata biaya haji tahun ini sama dengan BPIH tahun 1439 H/2018 lalu. Jika dilihat dari kurs rupiah, BPIH tahun lalu besarannya rata-rata Rp 35.235.602. Tapi, kalau dalam kurs dollar, BPIH tahun ini justru lebih rendah USD 151. Sebab rata-rata BPIH tahun 2018 sebesar USD 2.632.

Lebih lanjut dijelaskan Arsan, meski biaya haji tidak mengalami kenaikan, tetapi Menag jamin akan ada peningkatan kualitas pelayanan haji dibanding tahun lalu. ‘’Untuk tenda di Arafah nantinya akan dipasang AC. Urinoir di Mina akan ditambah jumlahnya. Lalu, untuk bus shalawat akan layani semua jemaah yang tinggal di luar radius 1 kilometer dari Masjidil Haram,” ujar Arsan.

Dijelaskannya,  BPIH Indonesia adalah yang paling murah di antara negara-negara ASEAN yang mengirim jemaah haji ke Arab Saudi. Saat ini, 127 Calon Jamaah Haji (CJH) BS sedang menunggu jadwal pelunasan, periksa kesehatan, dan manasik haji dari Kemenag. ‘’Kalau untuk paspor 127 CJH sudah selesai awal Januari lalu,” jelas Arsan.

Imbauan kepada seluruh CJH supaya menjaga kesehatannya supaya nanti dapat menunaikan rangkaian ibadah haji. ‘’Jaga pola kesehatan, karena itu modal utama, dan yang paling menggembirakan pelayanan haji tahun ini meninggkat dengan berbagai fasilitas tambahan,” demikian Arsan.(tek)

Berita Lainnya

6 Kecamatan Mulai Krisis Air Bersih

KOTA MANNA –Sudah dua bulan lebih memasuki musim kemarau, Kabupaten Bengkulu  Selatan (BS) mulai terjadi ...

error: Content is protected !!