Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Dinkes Hanya Punya Solusi Pencanangan

Dinkes Hanya Punya Solusi Pencanangan

MUKOMUKO –Karena tingginya kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Mukomuko tahun 2018, akan digelar pencanangan pemberantasan DBD serentak. Jika tidak ada kendala teknis, pencanangan ini dilaksanakan pada Februari  ini. Ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Mukomuko, Desriani, SH, kemarin (6/2).

Dikatakan Desriani belum ada tindakan lain guna perangi DBD selain dengan pencanangan. Pencanangan ini dinilai sangat penting, karena menggerakkan masyarakat Kabupaten Mukomuko untuk menggelar kebersihan rumah. Pencangan nantinya dilakukan serentak dengan melibatkan seluruh Puskesmas yang ada. ‘’DBD itu bukan dengan fogging, tapi bagaimana rumah-rumah bersih. Nanti dicanangkan melibatkan Puskesmas,” kata Desriani.

Sepanjang tahun 2018 lalu, kasus DBD di Mukomuko tembus angka 160 kasus. Terjadi kenaikan 100 persen dari tahun sebelumnya. Namun lanjut Desriani, peningkatan itu bukan saja terjadi di Mukomuko. Tapi hampir menyeluruh di wilayah Provinsi Bengkulu. “Mengganasnya DBD terjadi se Provinsi Bengkulu dan masyarakat Mukomuko harus mewaspadai,” jelas Desriani.

Dijelaskannya pencanangan ini rencananya dilaksanakan bulan ini. Gerakan ini akan diawali secara simbolis serta dilanjutkan ke tengah masyarakat secara serentak. Setiap Puskesmas diminta mengajak masyarakat di wilayah kerja masing-masing untuk gelar kegiatan bersih-bersih lingkungan secara bersama-sama.

“Kita berharap gerakan ini direspon baik oleh masyarakat demi mengurangi penyebaran penyakit DBD. Terkait jadwal kegiatan ini kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari Dinkes Provinsi,” demikian Desriani.(hue)

Berita Lainnya

Bangun Gedung Olahraga, Kuras Dana Alokasi Khusus Rp 12,8 Miliar   

MUKOMUKO – Tahun 2020 Mukomuko akan bangun Gedung Olahraga refresentatip. Untuk merealisasikan venue olahraga itu, ...

error: Content is protected !!