Kamis , 21 Februari 2019
Home / Metropolis / Lelang Proyek Fisik Molor Lagi

Lelang Proyek Fisik Molor Lagi

BENGKULU – Meski sudah memasuki Februari, namun sejumlah proyek fisik dengan total anggarannya mencapai Rp 150 miliar lebih di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu, sampai kemarin belum kunjung masuk proses lelang ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Hal ini mendapat kritikan keras oleh DPRD Kota Bengkulu.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, M. Awaludin menyayangkan bila sejumlah proyek pembangunan infrastuktur belum masuk satupun proses lelang di ULP. Sebab sebentar lagi akan memasuki bulan Maret, tidak perlu berlama-lama menuntaskan dokumen lelang. Menurutnya, efisiensi waktu jadi hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses pelaksanaan pembangunan.

“Dari pengalaman yang terjadi kita tidak ingin waktu pengerjaan proyek molor terlalu lama. Hanya karena proses lelang yang belum kunjung disampaikan ke ULP. Apalagi proses yang paralel, jadi kalau lambat di awal ya ke belakang-belakangnya bisa terlambat juga,” kritik Awaludin.

Dikatakan Awaludin, Dinas PUPR Kota Bengkulu harus segera menyampaikan dokumen pelaksanaan proses lelang sejumlah proyek pembangunan infrastuktur kota tersebut. Agar pelaksanaan pengerjaan proyek di Kota Bengkulu tepat waktu hingga sampai akhir tahun. “Kalau proses lelang itu cepat disampaikan, tentu nanti siapa yang menang proses tender lelang akan juga cepat diketahui. Sehingga pelaksanaan proyek cepat dikerjakan tepat waktu. Tidak perlu lagi menunda-nunda,” ungkapnya.

Terkait lambannya proses lelang pembangunan, menurut Awaludin, pihaknya akan memanggil pihak terkait agar memperjelas alasan kenapa pelaksanaan proses lelang pembangunan itu tidak tepat waktu. “Ketika pemkot ingin cepat APBD disahkan akhir November lalu. Tentu harusnya proses pembangunan juga harus cepat dilaksanakan. Jangan terkesan dibiarkan lamban. Apalagi waktu pelaksanaan proyek ini tinggal 10 bulan lagi dari sampai akhir tahun ini,” bebernya.

Menanggapi hal itu, saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu Syafriandi, MSi mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan segala dokumen terkait proses lelang di ULP tersebut. Ia menyebutkan ada beberapa proyek lelang akan dilakukan dalam bulan Februari ini.

“Ya semua berkas sedang kita persiapkan untuk proses lelang itu. Intinya kita juga mengharapkan semuanya cepat dan tepat waktu. Kalau harapan kita semua proyek pembangunan nanti akan terlaksana dengan baik sama seperti tahun sebelumnya. Karena semuanya sudah kita rencanakan dengan baik,” terang Syafriandi.(new)

Berita Lainnya

Pinjaman Dana SMI Terancam Batal

BENGKULU – Usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meminjam dana ke PT Sarana Multi Infasrtuktur (SMI) ...