Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Peternakan Kambing

Peternakan Kambing

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko berencana kembangkan usaha peternakan kambing perah jenis peranakan etawa. Tahap awal, tahun ini direncanakan pembelian 40 ekor kambing perah jenis peranakan etawa. ‘’Kambing 40 ekor itu akan dibagi untuk empat kelompok tani,’’ kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Warsiman, S.Pt.

Dijelaskan anggaran pembelian sebanyak 40 kambing perah jenis peranakan etawa disiapkan anggaran sebesar Rp 200 juta. Dananya bersumber dari APBD Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2019. Sedangkan empat kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan berasal dari Kecamatan Penarik dan Ipuh. Masing-masing kelompok tani bakal menerima sebanyak 10 ekor kambing perah jenis peranakan etawa.

Langkah ini untuk pengembangan ternak kambing perah. Mengingat selama ini belum ada masyarakat yang kembangkan kambing perah jenis peranakan etawa. ‘’Dulu kita pernah memberikan bantuan kambing perah jenis peranakan etawa pada masyarakat dan kelompok tani. Tetapi pengembangan peternakan kambing ini belum menghasilkan susu. Sekarang kita coba lagi,” pungkasnya.(hue)

Berita Lainnya

Gedung olahraga Tampung Enam cabang olahraga

MUKOMUKO – Gedung olahraga (GOR) akan siap dibangun di Mukomuko. Targetnya akam mampu menampung 6 ...

error: Content is protected !!