Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Metropolis / Realisasi Cetak KIA Jauh dari Target

Realisasi Cetak KIA Jauh dari Target

LOKET KIA: Kadis Dukcapil Kota Bengkulu sedang memantau proses pelayanan administrasi kependudukan

BENGKULU – Kendati sudah dilaunching November 2018 lalu, realisasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Bengkulu belum sampai satu persen dari jumlah yang ditargetkan. Dari data diperoleh di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, jumlah target wajib KIA di Kota Bengkulu mencapai 99.811 anak.

Sementara hingga 31 Januari 2019, tercatat yang sudah memiliki KIA baru 726 anak, atau belum sampai satu persen dari target angka yang ditetapkan. Terkait dengan hal ini, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Sudarto WS beralasan, pihaknya sementara ini lebih memprioritaskan pembuatan KIA untuk anak usia SMP. Dimana Dinas Dukcapil Kota Bengkulu langsung mendatangi sekolah, bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menghimpun data siswa termasuk persyaratannya. Lalu mencetak KIA secara kolektif.

“KIA untuk anak usia 0-17 tahun kurang 1 hari. Usia 0-5 tahun ada jangka waktu, lewat 5 tahun KIA harus diganti pakai foto. Dengan pertimbangan itu kita prioritaskan usia SMP karena kalau umurnya sudah 17 tahun sudah wajib KTP,” kata Sudarto.

Setelah tuntas pembuatan KIA untuk anak usia SMP sederajat di Kota Bengkulu, barulah Dukcapil menyasar anak usia SD sederajat, kembali bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mendata secara kolektif siswanya. Walau demikian, bagi orangtua yang ingin membuat KIA untuk anaknya yang berusia 5 tahun ke bawah, dapat mendatangi kantor Dukcapil secara langsung karena Dukcapil menyiapkan loket khusus untuk KIA.

“Ada 26 ribu blanko disiapkan, bersumber dari APBD kota untuk pelaksanaan program KIA di Kota Bengkulu. Tuntas SMP baru kita menyasar SD, tapi yang di bawah 5 tahun tetap kita layani,” bebernya.

Menurut Sudarto untuk pencetakan KIA tidak mengganggu pelayanan rutinitas di Dinas Dukcapil Kota Bengkulu. Lantaran petugas baru mencetak KIA setelah berakhir jam pelayanan rutin. Syarat pembuatan KIA tidaklah sulit, orangtua cukup menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi akte kelahiran dan pasfoto 3×4 sebanyak 1 lembar dengan background warna biru untuk tahun lahir genap, dan merah untuk tahun lahir ganjil.

“Foto khusus bagi anak yang usianya 5 tahun  ke atas, kalau yang 5 tahun ke bawah tidak pakai foto,” demikian Sudarto. (key)

Grafis Cetak KIA di Kota Bengkulu (tarok disambungan dakpapo)

Kecamatan                              Jumlah

Selebar                                    121

Gading Cempaka                     102

Teluk Segara                           45

Muara Bangkahulu                            84

Kampung Melayu                    136

Ratu Samban                           35

Ratu Agung                                       113

Sungai Serut                                      45

Singaran Pati                           42

Total                                        726

Berita Lainnya

Dewan Ingatkan Serapan Anggaran OPD

BENGKULU – Memasuki pembahasan KUA-PPAS rancangan APBD 2020, DPRD Kota Bengkulu meminta agar Organisasi Pemerintah ...

error: Content is protected !!