Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Tingkatkan Peran Pemuda, Aktifkan Karang Taruna

Tingkatkan Peran Pemuda, Aktifkan Karang Taruna

CURUP – Tahun 2019 ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong (RL) akan berupaya memotivasi dan menghidupkan kembali Karang Taruna yang ada di desa/kelurahan Sekabupaten RL. Ini sekaligus untuk meningkatkan kembali peran pemuda dalam berbagai kegiatan positif, terutama di wilayah tempat tinggal mereka masing-masing yang sudah terkesan vakum.

‘’tahun ini kita akan menghidupkan kembali kelompok Karang Taruna yang ada di setiap desa dan kelurahan dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong. Dalam beberapa tahun belakangan gerakan Karang Taruna sudah hampir tidak terlihat lagi. Padahal peranannya sangat penting sebagai wadah generasi muda untuk berkreasi,’’ terang Kepala Dinsos RL Zulfan Effendi, SE, MM kepada RB.

Dijelaskan Zulfan Keberadaan kelompok Karang Taruna  sangat dibutuhkan masyarakat. Selain sebagai wadah berkumpulnya generasi muda di tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga tingkat kabupaten juga dalam rangka menyukseskan pembangunan daerah. Kelompok ini juga berperan membantu mengatasi kenakalan remaja terutama pengaruh narkoba, pergaulan bebas dan lainnya.

‘’Mereka ini (karang taruna, red) bisa menjadi fasilitas untuk menyalurkan bakat pemuda di daerah mereka masing-masing. Melalui berbagai kegiatan yang mereka laksanakan seperti pembinaan olahraga, kegiatan kepemudaan, pembinaan ekonomi maupun kegiatan kerohanian serta pembangunan di tempat masing-masing dan lainnya,’’ jelas Zulfan.

Sebagai langkah awal, sambung Zulfan, mereka akan berkoordinasi dengan OPD terkait. Seperti Dinas PMD dalam hal membantu pengembangan organisasi di desa/kelurahan melalui pembiayaan yang berasal dari dana desa maupun dana kelurahan. Serta OPD OPD lainnya yang bisa menjalin kerjasama dalam hal pemberian bantuan maupun pelaksanaan kegiatan. ‘’Jadi mereka (karang taruna, red) akan kita hidupkan lagi serta digandengkan dengan berbagai kegiatan di OPD-OPD. Sehingga para pemuda yang ada di desa maupun kelurahan bisa kembali menghidupkan dan menjalankan roda organisasi karang taruna itu sendiri,’’ demikian Zulfan.(dtk)

Berita Lainnya

Alih Profesi, Bandar Ganja Dibekuk di Bengkulu

CURUP – Satuan Reserse Narkoba Polres Rejang Lebong (RL) kembali berhasil mengungkap kepemilikan narkoba jenis ...

error: Content is protected !!