Sabtu , 19 Oktober 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Wisata Mountain Valley Mulai Kotor dan Tak Teratur

Wisata Mountain Valley Mulai Kotor dan Tak Teratur

MOUNTAIN VALLEY: Kawasan wisata Kepahiang Mountain Valley di Desa Sido Rejo, Kecamatan Kepahiang, saat ini mulai ramai dikunjungi para pengunjung lokal untuk menghabiskan waktu sore.

KEPAHIANG – Kawasan wisata Kepahiang Mountain Valley yang terletak di perkebunan teh Desa Sido Rejo, Kecamatan Kabawetan, semakin hari semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat. Sayangnya kondisi kawasan saat ini mulai kotor dan tak teratur, lantaran ulah oknum pengunjung yang asal-asalan.

Seperti yang dikeluhkan oleh Julian (31), warga Desa Sido Rejo yang mengatakan bahwa sejak dibangunnya bangunan tulisan Kepahiang Mountain Valley di tengah perkebunan teh tersebut, saat ini sudah menjamur pondok-pondok masyarakat untuk berjualan. Selain itu juga ulah pengunjung yang kerap membuang sampah hingga buang air sembarangan di kawasan perkebunan teh, membuat masyarakat sekitar geram.

“Pembangunan kawasan wisata ini belum selesai, namun ada saja ulah oknum yang mengotori kawasan dengan membuang sampah hingga buang air sembarangan. Ditambah lagi dengan telah adanya bangunan pondok untuk berjualan yang tidak memiliki izin,” jelas Julian, kemarin (6/2).

Untuk itu Julian berharap kepada Pemkab Kepahiang agar bisa menertibkan kondisi yang terjadi saat ini. Bahkan menurutnya ada beberapa oknum yang mengambil keuntungan dengan memberikan izin kepada masyarakat untuk membangun pondok jualan di lokasi tersebut, serta ada oknum yang sudah berani menarik retribusi parkir kepada pengunjung.

“Sebelum terlanjur kumuh, kami sebagai warga Desa Sido Rejo berharap Pemkab bisa segera mengambil kebijakan atas kondisi yang saat ini terjadi di kawasan ini. Karena akan sangat disayangkan jikalau lokasi wisata seperti ini dibiarkan amburadul,” beber Julian.

Terpisah Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepahiang, Nuriyansah, ST ketika dikonfirmasi menyayangkan kondisi yang terjadi di kawasan wisata Mountai Valley ini. Namun menurutnya, Pemkab Kepahiang pada dasarnya sudah menyiapkan program untuk pengelolaan wisata kawasan tersebut. Hanya saja dikarenakan saat ini masih dalam tahap pembangunan, sehingga beberapa program yang direncanakan belum bisa dijalankan sepenuhnya.

“Saat ini kawasan tersebut masih dalam tahapan pembangunan dan belum selesai, jadi kita memang belum bisa menjalankan program kita. Kita sudah ada rencana menyiapkan kontainer sampah di kawasan, kemudian membangun beberapa auning untuk masyarakat berjualan, dan toilet umum. Sementara untuk lahan parkir, sekarang masih dilakukan pembangunan dan jelas belum diperbolehkan memungut retribusi parkir,” demikian Nuriyansah. (sly)

Berita Lainnya

Data Pemilik Mobil Dinas Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal

KEPAHIANG – Guna melakukan penertiban atas aset daerah, mobil dinas (mobnas) bantuan Kementerian Pembangunan Daerah ...

error: Content is protected !!