Rabu , 11 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 1.800 Pelanggan PDAM, Menunggak

1.800 Pelanggan PDAM, Menunggak

KOTA MANNA – Dari tahun 2017 hingga saat ini ada sekitar 1.800 pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manna di Bengkulu Selatan (BS), menunggak pembayaran. Kecamatan terbanyak yang menunggak yakni Kecamatan Seginim.

Seperti dikatakan Direktur PDAM Tirta Manna, H. Zarhadi, S.Sos persentase pelanggan yang menunggak sekitar 40 persen, dari total pelanggan sebanyak Rp 4,5 ribu. Persentase pelanggan yang menunggak tersebut, dari tahun ke tahun ada penurunan. Uuntuk di wilayah Seginim, pelanggan yang menunggak itu adalah pelanggan lama. ‘’Alasan mereka menunggak yakni masih menunggu hasil panen karena mayoritas pelanggan tersebut merupakan petani,” terang Zarhadi.

Tetapi manajemen PDAM tidak tinggal diam. Pelanggan yang menunggak lebih dari tiga bulan akan dilakukan pemutusan. Tapi sebelum kebijakan tersebut diterapkan, lebih dahulu digelar sosialisasi dengan mengunjungi pelanggan yang menunggak. ‘’Bukan hanya sosialisasi saja yang kita laksanakan, tapi  juga kita menemui langsung pelanggan yang menunggak,” ujarnya.

Ditambahkan Zarhadi pemutusan tak dilakukan secara langsung. Yang pertama manajemen PDAM akan menyurati. Kalau tidak ditindaklanjuti oleh pelanggan maka pemutusan dilakukan. ‘’PDAM tidak semena-mena, ada prosedurnya untuk pemutusan. Kita beri surat lebih dahulu kepada pelanggan yang menunggak,” papar Zarhadi.

Untuk tahun 2019, pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan dana hibah dari Pemkab BS. Dana hibah ini, untuk program masyarakat yang penghasilan rendah. Besaran bantuannya sekitar Rp 11 milar. Sasaran program tersebut, untuk 523 pelanggan di wilayah Kecamatan Seginim dan Kota Manna.(tek)

Berita Lainnya

Pantai Pasar Bawah Jadi Spot Mancing

PINO RAYA – Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terkenal dengan Pantai Pasar Bawah yang menjadi objek ...

error: Content is protected !!