Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Bantuan PKH Bertambah

Bantuan PKH Bertambah

KOTA MANNA – Tahun 2019 jumlah indeks bantuan dana untuk Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) bertambah. Tambahan dana PKH terbilang cukup tinggi, dimana dari total bantuan yang sudah tersalur tahun 2018 sebesar Rp 16 miliar. Sementara untuk tahap pertama tahun 2019 dana yang akan direalisasikan mencapai Rp 10 miliar.

Koordinator PKH BS, Fauzan Agusta, menjelaskan penambahan indeks dana PKH untuk BS, didapat saat rakor yang digelar pemerintah pusat baru-baru ini, menawarkan dua pilihan. Yakni penambahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau menambah indeks dana bantuan PKH. ‘’Dalam Rakor di Jakarta itu kita ditawarkan apakah KPM atau indeks dana bantuan PKH,” terang Fauzan.

Dikatakannya untuk penambahan jumlah KPM masih melalui beberapa prosedur. Dimana realisasinya setiap tahapan KPM selalu berubah. Sebab ada beberapa komponen yang sudah tidak layak sebagai syarat penerima PKH. ‘’Realisasi tahapan KPM selalu berubah. Karena itu prosedurnya harus diikuti,’’ jelas Fauzan.

Lebih lanjut dijelaskan, tahun 2019 KPM tidak hanya menerima bantuan dana komponen saja tapi ada penambahan dana bantuan tetap sebesar Rp 550 ribu.  Sehingga besaran rupiah yang diterima KPM pada setiap tahapan lebih besar dari tahun lalu. ‘’Bersyukur tahun 2019 ada dana bantuan tetap yang cukup besar diterima oleh penerima PKH,” ungkap Fauzan.

Besaran bantuan komponen juga bertambah. Rinciannya, yakni untuk komponen ibu hamil balita sebesar Rp 2,4 juta/tahun, anak sekolah dasar sebesar Rp 900 ribu/tahun, anak SMA Rp 1,5 juta /tahun, serta lansia dan disabilitas sebesar Rp 2,4 juta/tahun.(tek)

Berita Lainnya

Demo Tuntut Warga Diperkerjakan, Batal

PINO RAYA – Adanya rencana aksi demo warga desa Tanjung Aur II Kecamatan Pino Raya ...

error: Content is protected !!