Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Lahan Pengganti Dibagi Dua

Lahan Pengganti Dibagi Dua

KEPAHIANG – Dinas Pertanian Kepahiang akhirnya angkat suara terkait alihfungsi lahan persawahan di Desa Pulogeto Baru, Kecamatan Merigi. Menurut Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan, SPKP, sudah ada lahan pengganti seluas 1,8 hektare yang terbagi menjadi dua lokasi di Desa Pulogeto Baru. Sebelumnya sudah dilakukan survei dan analisa kelayakan dengan melibatkan BPN dan Dinas PUPR.

“Lahan penggantinya sudah kita siapkan oleh pihak perumahan yang menjadikan lahan tersebut sebagai perumahan. Lahan tersebut sudah kita lakukan survei dan analisa lapangan, dan dinyatakan layak sebagai pengganti lahan yang dialihfungsikan,” terangnya.

Pengecekan lapangan, tambah Hernawan, bertujuan untuk memastikan kelayakan pemanfaatan lahan untuk dijadikan lahan persawahan maupun lahan pertanian holtikultura. “Tim yang dibentuk berdasarkan SK melakukan pengecekan lahan pengganti, layak atau tidak dijadikan sawah produktif,” jelas Hernawan.

Di sisi lain, Ketua Komisi II DPRD Kepahiang Drs. Ahmad Rizal, MM sebelumnya sudah memanggil Dinas Pertanian. Dari hasil pertemuan tersebut disepakati untuk tetap melakukan alihfungsi lahan, dengan catatan tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan. Karena sebelum alih fungsi lahan dilakukan, leading sector terkait sudah membentuk tim yang tergabung dari Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Dinas PUPR. “Yang memberikan izin alih fungsi lahan ini adalah kementrian langsung. Pemkab hanya punya kewenangan memberikan rekomendasi untuk izin alih fungsi lahan,” bebernya.

Menurut Rizal, lahan pengganti tersebut dinyatakan layak dan sesuai untuk dijadikan lahan memproduksi pangan. Namun pihaknya tetap mau memastikan lahan tersebut layak atau tidak dijadikan lahan persawahan untuk memproduksi pangan. “Untuk memastikan lahan pengganti ini layak atau tidak, mau tidak mau kita harus cek faktanyat erlebih dahulu, harus cek langsung di lapangan. Seandainya tidak layak harus diganti. Kita bersama dengan tim sepakat melakukan pengecekan pekan depan,” ungkapnya.(sly)

Berita Lainnya

Dinas PUPR Klaim Sudah Ajukan Dokumen Lelang

KEPAHIANG – Plt Kepala Dinas PUPR Kepahiang Rudi Andi Silaloho, ST mengaku pihaknya sudah menyampaikan ...

error: Content is protected !!