Minggu , 24 Maret 2019
Home / Metropolis / Perbanyak Shalawat

Perbanyak Shalawat

Oleh: Ustadz Adi Sucipto, Lc

BENGKULU – Dalam Kitab al-Umm dijelaskan bahwasanya ada salah seorang ulama shaleh, zâhid serta salah satu dari empat Imam Madzhab fiqh ternama (w 204 H) bernama Imam Syafi’i.

Beliau bertutur: “Aku menyukai memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah Saw dalam semua keadaan (dan semua waktu). Hanya saja aku lebih menyukainya lagi memperbanyak membacanya pada malam Jumat dan hari Jum’at. Aku juga menyukai membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at dan hari Jum’at. Semua itu karena banyak hadits yang menjelaskan hal tersebut”.

Bahkan salah seorang Khulafaur Rasyidin yaitu Umar bin Khatab sahabat utama baginda Rasulullah Saw juga berkata: “Sesungguhnya doa akan berhenti antara langit dan bumi, serta tidak akan naik ke langit sedikitpun, sampai anda membaca shalawat kepada Rasulullah Saw.”

Ada beberapa hadits yang menjelaskan keutamaan memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah SAW khususnya pada malam dan hari Jumat. Diantaranya yakni dari Anas bin Malik berkata: “Rasulullah SAW bersabda, perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat dan malam Jumat. Siapa yang membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan membalasnya dengan sepuluh kali,” (HR. Baihaki dengan sanad hasan).

Hadits selanjutnya, dari Abu Umamah berkata: Rasulullah Saw bersabda, perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku setiap hari Jumat. Karena bacaan shalawat ummatku akan diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Siapa yang paling banyak membaca shalawat kepadaku, maka ia akan menjadi orang yang paling dekat kedudukannya denganku”. (HR. Baihaki dengan sanad hasan).

Sementara di antara hadits yang menjelaskan keutamaan membaca surat al-Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat yakni “Dari Abu Sa’id al-Khudry, Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah akan meneranginya di antara dua Jumat” (HR. Imam Baihaki dengan sanad shahih).

Semoga kita semua termasuk di antara orang-orang yang melakukan di antara amalan pada hari Jumat di atas; yaitu memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah Saw, juga membaca surat al-Kahfi, pada malam Jumat juga pada hari Jumat. Sehingga semoga kita semua mendapatkan di antara keutamaannya, yaitu mendapatkan shalawat dari Allah yaitu berupa rahmat dan ampunanNya.

Juga paling dekat kedudukan kita dengan Rasulullah SAW kelak pada hari Kiamat, juga mendapatkan cahaya ilahi yang selalu menerangi hidup dan kehidupan kita kapanpun dan di manapun kita berada. Semoga.(iks/rls)

Berita Lainnya

Tarif Parkir Bakal Naik

BENGKULU – Rencana Pemkot Bengkulu ingin merevisi Peraturan Daerah (Perda) Retribusi Parkir di Kota Bengkulu ...