Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Tanpa Gudang Senjata

Tanpa Gudang Senjata

CURHAT: Kasdim 0428/Mukomuko Mayor Inf. Kaharuddin saat menyampaikan kondisi sarana dan prasarana Kodim saat rapat dengan Pemkab Mukomuko.

MUKOMUKO – Miris kondisi sarana prasarana Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0428/Mukomuko. Sudah setahun berdiri, belum ada fasilitas gudang khusus, untuk penyimpanan senjata-senjata untuk perang.

Lebih miris lagi, Kodim 0428/Mukomuko belum miliki kendaraan jenis truk yang bisa dipakai untuk mengangkut prajurit ketika pergi ke medan tugas. Baik untuk ke medan tugas perang atau untuk mobilisasi pasukan ke wilayah tugas selain perang.

Kondisi ini dibenarkan Komandan Kodim (Dandim) 0428/Mukomuko Letkol. Inf. I Wayan Hadi melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim), Mayor. Inf. Kaharuddin. ‘’Mobil truk guna mengangkut personel dalam jumlah banyak belum ada. Kita sudah meminta dukungan Pemkab paling tidak dua unit truk. Terus yang lain seperti gudang senjata juga belum siap,’’ ungkap Kasdim saat diwawancarai di Kantor Bupati Mukomuko.

Dikatakannya sarana dan prasarana itu termasuk mendesak. Selain itu juga yang mendesak dibutuhkan yakni peningkatan jalan lingkungan Makodim yang selama ini tanah bisa ditingkatkan menjadi konstruksi hotmix. Lalu gedung pertemuan, lapangan latihan menembak, masjid atau musala babi pasukan dan kantor untuk organisasi Persatuan Istri Tentara (Persit). ‘’Ditambah lagi kondisi personel kita juga masih kurang. Dari kebutuhan ideal sekitar 300 personel, yang ada baru 119 orang,” ujarnya.

Selain itu Kodim 0428/Mukomuko hingga sekarang baru memiliki dua Komando Rayon Militer (Koramil). Jadi perlu penambahan Koramil baru, paling tidak untuk wilayah Kecamatan Pondok Suguh, Teras Terunjam, dan Lubuk Pinang.

“Dengan adanya penambahan Koramil, Kodim bisa memiliki 5 Koramil untuk di satuan bawah. Kalau sekarang, kita baru ada 2 Koramil. Jadi memang banyak yang masih perlu ditangani dan ditingkatkan. Tentu kita berharap dukungan penuh dari masyarakat dan Pemkab Mukomuko,” demikian Kasdim.(hue)

Berita Lainnya

Keuntungan Habis untuk Bayar Utang BUMD

MUKOMUKO – Usaha milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Mukomuko, PT. Mukomuko ...

error: Content is protected !!