Minggu , 18 Agustus 2019
Home / Daerah / Kaur / Antisipasi Pungli, Penyaluran Bansos Dikawal

Antisipasi Pungli, Penyaluran Bansos Dikawal

KOORDINASI: Waka Polres Kaur saat memimpin rapat koordinasi satgas pengamanan bansos.

KOTA BINTUHAN – Belajar dari pungutan liar (pungli) terkait pengurusan PKH tahun lalu di Nasal, aparat mulai memperketat pengawalan penyaluran semua jenis bansos. Mulai dari bedah rumah, rastra dan Program Keluarga Harapan (PKH) dan lainnya. Pengawalan ini dilakukan mulai dari proses pendataan calon penerima hingga penyaluran bantuan.

Langkah ini merupakan tindaklanjut dari MoU antara Kemensos RI dan Polri beberapa waktu lalu. Dimulai dari rapat koordinasi antara Polres Kaur, Pabung dan Dinas Sosial Kaur kemarin (8/2) hingga terbentuk satgas. Satgas Pengamanan dan Gakkum Distribusi melibatkan TNI dan Polri. Rapat dipimpin Waka Polres Kaur Kompol Afrizal, S.Sos dan jajarannya. Hadir juga Pabung Kodim 0408 BS/Kaur Kapten Inf M Zainudin, Kadis Sosial Sidarmin Tetap. Tampak juga pendamping rastra, PKH dan sebagainya.

“TNI dan Polri akan mengawasi penentuan penerima bansos hingga penyaluran bantuan. Satgas ini bertujuan memastikan bansos yang disampaikan benar-benar tepat sasaran. Kapolsek juga hadir,” kata Waka.

Kepala desa atau dinsos yang mendata penerima bantuan tidak bisa main-main. Ke depan orang yang menerima harus sesuai kategori. Bukan berdasarkan keinginan kades atau perangkat desa seperti yang banyak terjadi selama ini.

“Warga miskin di desa yang diajukan akan benar-benar dicek ke lapangan oleh satgas. Satgas juga akan mengawasi penyalurannya tepat sasaran, tidak ada potongan dan sebagainya,” sambung Kadis Sosial Sidarmin Tetap melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Ilhamto, S.Sos.

Di Kaur pada tahun ini  jumlah penerima PKH 6.587 KPM (keluarga penerima manfaat), tahap pertama PKH sudah disalurkan. Sementara rastra tahun 2019  jumlah penerimanya mencapai 9.458 KPM. Kemungkinan rastra akan disalurkan dalam waktu dekat ini.(cik)

Berita Lainnya

10 PNS Kaur Dapat Penghargaan

KOTA BINTUHAN – Sebanyak 10 PNS di Kabupaten Kaur mendapatkan penghargaan karena dinilai berprestasi. Penilaian ...

error: Content is protected !!