Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Daerah Dekat Perkebunan, Waspada DBD

Daerah Dekat Perkebunan, Waspada DBD

ARGA MAKMUR – Saat ini penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang Bengkulu Utara (BU). Selama Januari saja sudah ada tujuh warga BU terjangkit DBD dan harus dirawat di RSUD Arga Makmur maupun RS Charitas lantaran menurunnya trombosit tubuh, hingga menyebabkan tubuh lemas dengan panas tinggi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan BU, Syamsul Maarif, M.Kes menuturkan, kini setiap Puskesmas sudah menyosialisasikan cara pencegahan DBD tersebut. Selain memang harus dilakukan pengasapan atau fogging pada daerah yang masyarakat sudah terserang DBD.

“Namun fogging hanya membunuh nyamuk dewasa. Sementara untuk jentik nyamuk akan hilang dengan pola kebersihan masyarakat sendiri,” katanya, kemarin (8/2).

Ia menuturkan, daerah yang rawan terjangkit DBD adalah daerah yang dekat dengan perkebunan, terutama perkebunan karet. Pasalnya perkebunan terdapat tempat yang mudah tergenang air dan jadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti.

“Makanya selain menguras, membersihkan dan mengubur  barang yang bisa menampung air juga kita imbau untuk menggunakan kelambu saat tidur, terutama anak-anak yang mudah terserang,” terangnya.

Munculnya DBD atau perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti tersebut lantaran perubahan cuaca yang kini tengah terjadi. Ia juga sudah berkoordinasi dengan RSUD yang saat ini memang memiliki obat yang cukup untuk melayani masyarakat.

“Kita mengedepankan pencegahan yang bisa dilakukan oleh masyarakat pada lingkungannya sendiri. Jika memang pola hidup bersih dilakukan, mudah-mudahan bisa terhindar dari DBD,” pungkas Syamsul. (qia)

Berita Lainnya

Tunjangan Sertifikasi 200 Guru Nunggak 6 Bulan

ARGA MAKMUR – Hingga saat ini Dinas Pendidikan Bengkulu Utara (BU) belum menyelesaikan pembayaran tunjangan ...

error: Content is protected !!