Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Formulir Pendaftran Pengawas TPS Bisa Dikecamatan

Formulir Pendaftran Pengawas TPS Bisa Dikecamatan

KOTA MANNA – Pendaftaran pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Selatan (BS)  dibuka mulai 11-21 Februari. Untuk formulir pendaftaran, bisa langsung diambil di masing-masing kecamatan.

Dikatakan Ketua Bawaslu BS  Azes Digusti, S.Kom tahapan pendaftaran pengawas TPS yakni dimulai dari penerimaan berkas, administrasi dan wawancara, dijadwalkan selama sembilan hari, 11-21 Februari. Peserta seleksi terbuka untuk umum.

Yang paling diutamakan yakni sesuai dengan domisili. Tujuannya, untuk mudahkan pengawas TPS melaksanakan tugas melakukan pengawasan. “Untuk mempermudah calon pengawas TPS mengambil formulir, cukup di kecamatan atau sekretariat Panwascam di wilayah masing-masing,” terang Azes.

Adapun masa jabatan pengawas TPS yang akan direkrut Bawaslu BS ini yakni selama satu bulan. Mulai 23 hari sebelum pemungutan suara dan 7 hari setelah hari pemungutan suara. Meskipun hanya 1 bulan, pelamar pengawas TPS tetap akan diseleksi. Mulai dari persyaratan administrasi dan wawancara.

“Setelah terima berkas akan langsung diseleksi. Apabila memungkinkan langsung wawancara. Jika bila sudah lolos akan dilantik dan mengikuti bimtek,” ujar Azes.

Lebih lanjut dikatakan Bawaslu akan merekrut pengawas TPS sebanyak 556 orang sesuai dengan jumlah TPS yang ada di BS. Sementara untuk persyaratan yakni warganegara Indonesia, saat dalam mendaftar minimal usia 25 tahun, berpendidikan minimal SMA sederajat, sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba dan tidak pernah dipidana. “Untuk informasi lebih lengkap datangi tempat pendaftaran di masing-masing kecamatan,” jelas Azes.(tek)

Berita Lainnya

6 Kecamatan Mulai Krisis Air Bersih

KOTA MANNA –Sudah dua bulan lebih memasuki musim kemarau, Kabupaten Bengkulu  Selatan (BS) mulai terjadi ...

error: Content is protected !!