Sabtu , 23 Februari 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Jalan Desa Terisolir Dipastikan Mulus

Jalan Desa Terisolir Dipastikan Mulus

AKAN DIBANGUN: Titik jalan Desa Gembung Raya yang rusak parah akan dibangun tahun ini

ARGA MAKMUR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkulu Utara (BU) tahun ini menganggarkan dana Rp 8 miliar untuk meningkatan jalan menuju Desa Gembung Raya. Jalan desa itu selama ini menjadi keluhan masyarakat dan menjadi salah satu desa yang terisolir, lantaran tidak bisa dilintasi saat musim hujan.

Kadis PUPR BU, Heru Susanto, ST menuturkan, jalan tersebut kini merupakan jalan tanah yang sangat lengket, sangat sulit dilintasi jika musim hujan. Jika ingin melintas masyarakat selama ini harus menggunakan kendaraan khusus.

“Makanya jalan ini menjadi perhatian kita, karena memang selama ini desa-desa di perbatasan ini terisolir karena kondisi jalannya,” terang Heru, kemarin (8/2).

Tahun ini, Pemkab BU akan melakukan pembangunan langsung pada Lapisan Penetrasi (Lapen). Pasalnya jalan dengan kondisi tanah seperti di Desa Gembung tidak berpengaruh jika hanya diberikan timbunan batu koral sebagai pengerasan.

“Makanya langsung kita buat Lapen, tidak pengerasan lagi. Karena kondisi tanahnya memang lengket dan kalau ditimbun dengan batu bisa terbenam. Makanya langsung kita buat Lapen,” terangnya.

Jalan yang akan dibangun ini merupakan jalan utama keluar masuk desa. Selain itu jalan ini merupakan akses satu-satu untuk mengangkut hasil pertanian masyarakat yang saat ini terkendala jika musim hujan terjadi.

“Jika musim hujan, hasil pertanian masyarakat diangkut dengan motor khusus. Ini tentunya menambah pengeluaran petani. Dengan dibangunnya jalan, mobil bisa mengambil langsung hasil pertanian warga ke lokasi perkebunan,” pungkas Heru. (qia)

Berita Lainnya

P3K Batal, Penyuluh Pertanian Datangi BKD

ARGA MAKMUR – Sekitar 20 penyuluh pertanian, kemarin (22/2) mendatangi kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan ...