Senin , 17 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Lahan Sawah Tersisa 4.418 Ha

Lahan Sawah Tersisa 4.418 Ha

KEPAHIANG – Setiap pembangunan akan membawa dampak terhadap sektor lain. Inilah yang terjadi di Kepahiang beberapa tahun terakhir, pembangunan pemukiman dan perumahan berdampak pada berkurangnya lahan sawah. Data Desember 2018, luas lahan sawah di Kepahiang mencapai 4.418 hektare. Angka ini turun dari tahun 2017, dimana luas sawah mencapai 5.287 hektare.

Jumlah ini diperkirakan akan berkurang tahun ini, mengingat pembangunan perumahan masih marak. Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan, SPKP menerangkan pembangunan perumahan biasanya menggunakan banyak lahan. “Pembangunan perumahan, lahan yang digunakan lebih banyak lagi,” jelas Hernawan.

Data tersebut berasal dari rapat pembahasan data luas baku lahan sawah di Provinsi Bengkulu oleh Setda Provinsi beberapa waktu lalu yang diikuti perwakilan Dinas Pertanian Kepahiang. Luas sawah sesuai ketetapan ATR/BPN 2018 Nomor 3999/Kep-23.3/X/2018 dengan SP Badan Pusat Statistik (BPS) 2016. Kendati demikian diakui Hernawan pengurangan luas lahan sawah bukan hanya terjadi di Kepahiang semata, melainkan hampir di semua wilayah Provinsi Bengkulu.

“Dari 10 kabupaten/kota, seluruhnya ada pengurangan lahan sawah. Ini disebabkan faktor yang sama dan beberapa faktor lain. Pengurangan ini bukan hanya terjadi di Kepahiang saja,” imbuh Hernawan.

Terkait solusi atas berkuranganya lahan sawah, Hernawan mengaku terus berupaya mencari lahan pengganti atas lahan sawah yang akan dialihfungsikan jadi areal pemukiman. “Aturannya sudah jelas, kalau ada alihfungsi lahan kita harus menyiapkan lahan pengganti,” demikian Hernawan.(sly)

Berita Lainnya

Pasang Plakat Rumah Keluarga Miskin

KEPAHIANG – Guna mengantisipasi penyelewengan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Kepahiang, Dinas ...

error: Content is protected !!