Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Metropolis / Minimalisir Human Error Penyebab Kecelakaan

Minimalisir Human Error Penyebab Kecelakaan

KOMPAK: Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Drs. Supratman, MH dan Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA serta unsur FKPD saat pembukaan Millenial Enterpreneur Expo 2019 di Sport Centre kemarin.

BENGKULU – Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Drs. Supratman, MH mengajak masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya kaum millenial untuk bersama-sama meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh human error atau karena kelalaian pengendaranya.

Hal ini disampaikan Kapolda usai menghadiri sekaligus membuka acara Entrepreneur Expo yang merupakan rangkaian kegiatan Millenial Road Safety bertempat di Sport Centre, Pantai Panjang, Jumat (8/2) petang.

Dikatakan Supratman, dirinya sudah mengintruksikan kepada jajaran untuk meningkatkan penjagaan dan juga patroli di daerah-daerah yang memang rawan terjadi kecelakaan. Menurutnya, masyarakat terkadang memang sering lalai bila lokasi tersebut tidak ada petugas kepolisian sehingga nekat melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Saya rasa untuk lalu lintas menjadi tanggungjawab kita,  terutama di tempat-tempat tertentu yang menjadi kerawanan yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, polisi mutlak harus ada disana. Kita mulai dari kaum millenial, kita move on lagi, kita bikin bengkulu menjadi contoh pada provinsi-provinsi lain,” ujar Supratman.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA yang ikut hadir menyatakan jika yang menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan lantaran ketidakdisiplinan dalam berlalu lintas atau karena faktor human error. “Kampanye seperti ini untuk menumbuhkan kesadaran, tanggungjawab dan disiplin para generasi muda, harus disiplin dalam berlalu lintas sehingga bisa menuju ke zero acciden,” kata Rohidin.

Kemudian, bagaimana langkah pemerintah? Rohidin menjelaskan, secara bertahap pihaknya akan memikirkan terhadap faktor-faktor lain yang menjadi penyebab kecelakaan berlalu lintas tersebut.  Seperti kondisi jalan raya yang betul-betul terpelihara dan layak. “Lubang disana sini harus kita akui masih banyak sekali. Ini secara bertahap harus kita selesaikan dengan baik. Kemudian pemasangan rambu lalu lintas di jalan raya itu juga sangat penting agar menekan kejadian kecelakaan lalu lintas,” demikian Rohidin.

Usai melakukan acara pembukan yang ditandai dengan pemukulan dol, Kapolda dan Gubernur beserta rombongan serta tamu undangan memantau stand-stand yang ada di lokasi tersebut. Disisi lainnya, sebelum menghadiri acara tersebut, Kapolda Supratman beserta rombongan melaksanakan salat Jumat di Masjid Jamik. Ini merupakan salat Jumat perdana jenderal asal Kebun Geran Kota Bengkulu tersebut pasca menjabat sebagai Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Bengkulu juga memperkenalkan diri sebagai pejabat baru Kapolda kepada masyarakat yang menjadi jamaah sholat jumat di masjid jamik.  Selain itu Kapolda juga memohon doa restu agar selama dirinya menjabat sebagai Kapolda dapat memegang amanah yang telah diemban serta dapat menciptakan situasi kamtibmas yang tetap kondusif

Kapolda Bengkulu juga mengatakan bahwa dengan peran serta dari masyarakat dalam menjaga keamanan akan dapat membuat Provinsi Bengkulu mampu bersaing dan sejajar dengan kota – kota besar lainnya yang ada di indonesia. Terkait dengan Pemilu yang akan berlangsung sebentar lagi, Kapolda Bengkulu juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah menerima sebuah informasi yang belum jelas kebenarannya. serta bersama – sama dalam memerangi Hoax yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Untuk ke depan, dia bersama dengan para pejabat utama akan melaksanakan salat jumat keliling dan kemarin merupakan kegiatan perdana yang dilakukannya. (zie)

Berita Lainnya

Status Pantai Panjang jadi Catatan BPK RI

BENGKULU- Status peralihan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) serta aset kawasan wisata Pantai Panjang yang dilakukan ...

error: Content is protected !!