Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / PDAM Tirta Selaga Targetkan 3.780 Pelanggan Baru

PDAM Tirta Selaga Targetkan 3.780 Pelanggan Baru

CEK: Petugas PDAM mengecek jaringan utama PDAM Tirta Selagan Mukomuko beberapa waktu lalu.

MUKOMUKO – Data pelanggan potensial mulai dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan, Mukomuko. Bahkan telah memasang target, mampu tambah sebanyak 3.780 pelanggan baru. Jumlah tersebut, ditarget terpenuhi hingga tahun 2021. Ini dikemukakan Direktur PDAM Tirta Selagan, Suryadi, S.IP.

Dijelaskan pelanggan baru sebanyak 3.780 sambungan itu diharapkan berasal dari empat kecamatan. Karena, empat kecamatan itu sudah terhubung dengan pipa transmisi distribusi PDAM. “Khususnya wilayah yang masuk masuk dalam sambungan pipa transmisi kita targetkan seluruhnya jadi pelanggan PDAM,’’ papar Suryadi.

Diakuinya untuk mencapai target itu, bukan hal yang mudah. Terlebih masih banyak pipa milik PDAM pada kondisi rusak dan harus digantikan. “Minimnya ketersediaan anggaran perbaikan, maka kami harus perpanjang waktu hingga tahun 2021 untuk memenuhi target 3.780 pelanggan baru PDAM,” jelasnya.

Meskipun begitu, PDAM tetap optimis target pelanggan baru tersebut dapat tercapai. Kendati untuk saat ini PDAM masih gunakan sistem semi gravitasi untuk mendistribusikan air bersih pada masyarakat yang tersebar di empat kecamatan. Yakni di Kecamatan Selagan Raya, Teras Terunjam, Air Manjuto dan Kecamatan Kota Mukomuko.

Dengan menggunakan sistem semi gravitasi ini, lanjutnya, perusahaan untuk sementara ini hanya mampu jangkau empat kecamatan dengan jumlah pelanggan sebanyak 5.000 sambungan. ‘’Tapi saat ini kita baru miliki sebanyak 1.220 pelanggan yang tersebar di empat kecamatan itu. Sehingga perusahaan masih memiliki kelebihan debit air untuk menjangkau 3.780 pelanggan lagi,” ujar

Suryadi.

Untuk penambahan pelanggan baru PDAM, bakal dilaksanakan secara bertahap hingga tahun 2021 mendatang. Dan setiap tahunnya, bakal mengupayakan ada penambahan pelanggan baru hingga 1.000 sambungan. ‘’Target setiap tahun harus kita penuhi. Apapun caranya, sebanyak 3.780 pelanggan baru tuntas selama 2 tahun mendatang,” demikian Suryadi.(hue)

Berita Lainnya

Keuntungan Habis untuk Bayar Utang BUMD

MUKOMUKO – Usaha milik salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Mukomuko, PT. Mukomuko ...

error: Content is protected !!