Sabtu , 20 April 2019
Home / Metropolis / Pengajuan NUPTK Terganal SK Kadis

Pengajuan NUPTK Terganal SK Kadis

BENGKULU – Ratusan guru honorer di sekolah negeri dalam Kota Bengkulu belum bisa mengajukan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Lantaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu belum juga mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas (kadis), sebagai syarat pengajuan NUPTK.

“Kadis masih dinas luar. Setelah kadis pulang kita proses secara kolektif. Sekarang ini masih diverifikasi dulu oleh operator, dan tentunya yang mendapatkan SK itu yang memenuhi syarat,” ujar Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Dikbud Kota Bengkulu Minarni, S.Pd.

Pemberian SK kolektif bagi guru honorer di sekolah negeri yang ingin mengajukan NUPTK, sambungnya merupakan kebijakan dari Dinas Dikbud Kota Bengkulu. Untuk mempermudah honorer dalam mengajukan NUPTK. Namun, itu masih perlu proses mulai dari pendataan hingga verifikasi. “

Tidak harus SK walikota untuk pengajuan NUPTK, minimal SK dari kadis sebagai yang mengetahui,” terangnya.

Terdata di Dikbud Kota Bengkulu ada 530 honorer di sekolah negeri. Meliputi 426 guru honor di SDN, dan 104 guru SMPN dalam Kota Bengkulu. Hanya saja belum tentu semua guru honorer ini bisa memperoleh SK, karena SK dikeluarkan bagi guru honorer memenuhi syarat saja. “Verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa guru honorer tersebut benar sudah mengajar minimal selama 5 tahun, dan tidak terputus,” jelasmya.

Minarni menambahkan sudah sekitar 400-guru honorer di sekolah swasta mengajukan NUPTK, Sedangkan guru honorer di sekolah negeri masih menunggu minimal SK dari kadis. Pengajuan NUPTK terbuka bagi guru honor yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta. Kelebihan dengan memiliki NUPTK ini nantinya bisa mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mendapatkan TPG.

“Untuk PPG tahap 1 tahun ini ada 15 peserta guru dari Kota Bengkulu. Selanjutnya untuk pelaksanaan PPG itu dilakukan LPMP. Lulus, dapat sertifikat pendidik dan bisa mendaparkan TPG,” demikian Minarni.(key)

Berita Lainnya

Blanko E-KTP Kosong, Dukcapil Andalkan Suket

BENGKULU –  Ketersediaan blangko e-KTP (KTP elektronik) di Kota Bengkulu kembali mengalami kekosongan. Kekosongan blangko ...

error: Content is protected !!