Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Lebong / Pengusutan Korupsi Naskah Unas Mandeg

Pengusutan Korupsi Naskah Unas Mandeg

PELABAI –  Kasus dugaan korupsi pembuatan naskah soal Ujian Nasional (Unas) SMP dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD Tahun Anggaran 2017 yang diusut Kejari Lebong, mandeg. Hingga kemarin (8/2), penyidik Pidana Khusus Kejari Lebong yang telah mengusut kasus ini sejak pertengahan 2017 belum juga menetapkan tersangka di balik kegiatan senilai Rp 397 juta itu.

‘’Kami rasa suatu hal yang wajar jika masyarakat mempertanyakan penanganan kasus korupsi yang telah diselidiki aparat penegak hukum hampir dua tahun itu. Kalau memang tidak cukup bukti, sebaiknya hentikan. Kalau buktinya kuat, kok tidak ada tersangkanya,’’ kata Rozi Antoni, masyarakat Kabupaten Lebong.

Bukan tidak beralasan, permintaannya agar Kejari segera menuntaskan perkara korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong itu mengingat banyaknya dugaan korupsi lain yang perlu ditindaklanjuti. Jika Kejari hanya terfokus kepada satu kasus korupsi, dikhawatirkan memberi kesempatan terbebasnya dugaan korupsi lain dari jeratan hukum.

‘’Bisa dilihat sendiri, tahun 2018 sangat banyak proyek APBD Lebong yang tidak selesai. Mulai dari pembangunan jembatan, pasar modern, pembangunan dam parit dan embung dan proyek KTL (kawasan tertib lalulintas, red). itu semua perlu diselidiki untuk memberi rasa kepercayaan kepada masyarakat bahwa penegakan hukum di Lebong tidak mandul,’’ ungkap Rozi.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lebong, Endang Sudarma, SH, MH melalui Kasi Pidsus, Yogi Sudharsono, SH mengaku pengusutan dugaan korupsi pembuatan naskah Unas masih terus berjalan. Pihaknya belum menetapkan tersangka karena masih menunggu audit kerugian dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Setelah angka kerugian turun dari BPKP, segera pihaknya menetapkan tersangka.(sca

Berita Lainnya

315 PNS Bakal Pensiun

PELABAI – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal terus ...

error: Content is protected !!