Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Metropolis / Polisi Ikut Awasi Penyaluran Bantuan PK

Polisi Ikut Awasi Penyaluran Bantuan PK

RAKOR: Dinsos Kota Bengkulu saat rakor dengan jajaran Polres Bengkulu, Jumat (26/2)

BENGKULU – Tahun ini tidak hanya Dinas Sosial (Dinsos) yang akan mengawasi penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), melainkan ikut juga aparat kepolisian. Sesuai MoU antara Kementerian Sosial (Kemensos) dengan Polri.

Seperti disampaikan Kepala Dinsos Kota Bengkulu Ir. Syahrul Tamzie. Ke depan, Dinsos Kota Bengkulu bekerja sama dengan Polres Bengkulu akan mengawasi penyaluran PKH di Kota Bengkulu. Untuk memastikan penyaluran bantuan PKH tepat sasaran. Ini menindaklanjuti MoU atau nota kesepahaman Kemensos RI dengan Polri, tentang penyaluran bantuan PKH.

“Apapun permasalahan di lapangan, polisi siap membackup. Misalnya, ketika penerima harus dikeluarkan karena berdasarkan evaluasi tidak memenuhi lagi kriteria penerima PKH, tapi penerima itu tidak mau maka polisi bisa ikut turun tangan,” kata Syahrul.

Selain terlibat langsung dalam melakukan evaluasi penerima PKH, sambung Syahrul, polisi juga bisa terlibat pada saat pendataan. Bila warga tersebut sudah masuk Basis Data Terpadu (BDT) namun belum terdaftar sebagai penerima PKH, polisi juga bisa memback-up aagar warga tersebut masuk daftar penerima. “Sesuai MoU, apapun permasalahan termasuk data kita siap bekerja sama dengan kepolisian,” tegasnya.

Sementara untuk penyaluran bagi 1.609 KPM yang belum menerima bantuan PKH penyaluran tahap I ini, Syahrul belum bisa memastikannya. Menurutnya itu semua tergantung dari pusat. Bila Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk 1.609 KPM ini turun dari Kemensos ke bank yang bekerja sama untuk penyaluran PKH, maka bisa langsung disalurkan ke rekening masing-masing KPM.

“Sudah ada yang nanya-nanya, tapi kita jelaskan karena yang diurus pusat ini se-Indonesia sehingga antrian. Yang belum menerima harap sabar, tidak ada masalah  dengan KPM. SP2D nya saja yang belum turun,” jelas Syahrul. (key)

Berita Lainnya

Resmi Dilantik, Anggota DPRD Kota Bengkulu Diminta Bersinergi dan Kerja Profesional

BENGKULU–  Pasca Pemilu Presiden RI dan Legislatif, termasuk Pemilihan Legislatif DPRD Kota Bengkulu 17 April ...

error: Content is protected !!