Senin , 19 Agustus 2019
Home / Metropolis / Senin, Peserta Diklat RB Mulai Praktik Lapangan

Senin, Peserta Diklat RB Mulai Praktik Lapangan

JELASKAN: Pemred RBTv, Purnama Sakti menunjukkan ruang studio RBTV kemarin kepada peserta Diklat RB.

BENGKULU – Peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik angkatan ke-IX gelaran Yayasan Pendidikan Rakyat Bengkulu (YPRB) akan mulai turun ke lapangan untuk mempraktikan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti diklat. Praktik lapangan itu akan dimulai Senin ini (11/2), dan hanya diikuti oleh peserta diklat dari kalangan umum saja.

“Besok (hari ini, red) materi ruang terakhir bagi peserta diklat dengank materinya teknik penulisan artikel dan rilis dan diakhiri dengan materi jurnalistik online. Mulai Senin (11/2), peserta dari umum akan turun ke lapangan,” ujar Ketua Panitia Diklat Jurnalistik angkatan ke-IX, Fazlul Rahman, S.Hum.

Lanjut Redaktur Harian Rakyat Bengkulu (RB) ini, praktik lapangan bagi peserta dilaksanakan selama 6 hari. Hingga 16 Februari mendatang, peserta akan mempraktikan ilmu yang diperoleh saat materi ruang. Peserta juga akan mempraktikan langsung untuk penulisan berita, dari informasi atau data yang diperolehnya saat turun ke lapangan.

“Diharapkan para peserta usai diklat ini tidak hanya sekadar menguasai teori saja, tetapi bisa membuat berita yang layak dan sesuai dengan kaedah yang ada dan sesuai dengan kode etik Dewan Pers,” bebernya. Sementara itu, pada hari ke-3 kemarin (8/2), peserta mengikuti diklat seputar jurnalisme televisi dengan pematerinya Prunama Sakti selaku Pimred RBTv. Tidak hanya mendengar teori saja, namun peserta juga diajak ke ruang studio RBTv.

Di dalam ruangan itu, peserta diberikan penjelasan mengenai kegunaan beberapa peralatan studio dan juga cara kerja penyiaran di televisi, termasuk cara penyampaian berita oleh presenter. Salah seorang peserta dari perwakilan dari media centre Pemkab Bengkulu Selatan, Herdian Saputra mengatakan, selama beberapa hari mengikuti materi ruang ini dirinya mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru tentang dunia jurnalistik.

Juga menambah motivasi untuk belajar menulis berita. Metode belajarnya yang santai tapi serius memberikan kemudahan bagi peserta untuk mengikuti proses kegiatan materi ruang Diklat Jurnalistik RB.

“Para pengajar juga bermurah hati untuk sharing pengalaman mereka selama berkecimpung di dunia media. Materi yang disampaikan sendiri cukup mudah diikuti bagi pemula karena disampaikan dengan sistematis,” demikian Herdian. (key)

Berita Lainnya

Dewan Ingatkan Serapan Anggaran OPD

BENGKULU – Memasuki pembahasan KUA-PPAS rancangan APBD 2020, DPRD Kota Bengkulu meminta agar Organisasi Pemerintah ...

error: Content is protected !!