Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Serangan DBD Makin Meluas

Serangan DBD Makin Meluas

KEBERSIHAN: Warga dan pelajar SMPN 5, Jumat kemarin (8/2), membersihkan lingkungan untuk mengantisipasi penyakit DBD

KOTA MANNA – Penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bengkulu Selatan (BS) terus bertambah. Selama ini banyak penderita dalam kecamatan dalam kota. Namun hingga kini meluas ke Kecamatan  Pino dan Ulu Manna. Bahkan pengasapan tempat tertentu yang digelar tidak mampu menghentikan serangan penyakit mematikan ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) BS M. Redhwan Arief, MPH saat dihubungi RB, mengungkapkan sudah saatnya seluruh unsur masyarakat dan dinas instansi terkait hendaknya saling bahu membahu melakukan  Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Pemberantasan Jentik nyamuk Secara Serentak.

Bersihkan rumah, kantor, tempat kerja dan lingkungannya, kuras bak mandi, keringkan genangan air, kubur semua barang bekas yang dapat menampung air termasuk pas bunga, wadah limpahan air dispenser atau kulkas, barang bekas. “Ingat, DBD bisa menyerang siapa saja. Jadi yang perlu kita lakukan saat ini mencegah penyebarannya,” terang Redhwan.

Data terbaru, penderita kasus DBD sudah 31 orang. Dipastikan jumlah ini akan bertambah karena meningkatnya  penyebarannya. Total dari 11 kecamatan di BS, empat diantaranya sudah terserang yakni Kota Manna, Pasar Manna, Pino, dan Ulu Manna.

Langkah yang ditempuh sudah digelar dengan fogging. Namun di daerah tertentu pengasapan tersebut tak mampu lagi membasmi jentik nyamuk yang berbahaya ini. ‘’Jangan berhenti melakukan pembasmian jentik, dimulai dari masyarakat sendiri. Jangan hanya mengandalkan fogging,” demikian Redhwan.(tek)

Berita Lainnya

Bawaslu Masih Kekurangan Pengawas TPS

KOTA MANNA – Waktu pendaftaran pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan ditutup pada 21 Februari ...

error: Content is protected !!