Jumat , 24 Mei 2019
Home / Daerah / Seluma / Tangkap Oknum Warga Bantu Pelaku Pencurian

Tangkap Oknum Warga Bantu Pelaku Pencurian

DIPERIKSA: Wanda (22) warga Desa Sukabulan saat diperiksa tim penyidi Sat Reskrim Polres Seluma, kemarin (8/2).

SELUMA – Satuan Reskrim Polres Seluma, Kamis (7/2) malam sekira pukul 19.30 WIB menangkap Wanda (22) warga Desa Sukabulan, Kecamatan Talo Kecil. Ia diciduk dari rumahnya lantaran diduga membantu kawanan pencuri membobol warung manisan di Desa Tedunan, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) awal Februari lalu.

Terungkapnya peran serta Wanda berdasarkan nyanyian Yon Heri (35) warga Desa Padang Bakung, Kecamatan SAM dan Roken (28) warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Semidang Alas saat dilakukan pemeriksaan oleh penyidik. ‘’Peran Wanda ini hanya mengantar rekannya ini untuk melakukan pencurian. Artinya dia tahu kalau rekannya itu berniat mencuri,’’ ujar Kapolres Seluma, AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP. Rizka Fadhilah, SH, S.Ik kemarin (8/2).

Dijelaskan Rizka, walaupun tidak terlibat langsung dalam pencurian tersebut, namun di mata hukum perbuatan Wanda ini termasuk membantu tindak kejahatan. ‘’Pelaku tidak mengetahui siapa targetnya jika tidak diantar oleh Wanda ini. Jadi walaupun tidak terlibat langsung, tetap menjadi bagian komplotan pencuri itu,’’ kata Rizka.

Di hadapan penyidik Wanda mengakui dirinya hanya mengantar rekannya ke TKP. Namun dia tidak mengetahui kalau rekannya tersebut akan melakukan pencurian. ‘’Saya tahu kalau teman saya tersebut mencuri setelah mereka datang lagi menemui saya membawa dua karung berisi rokok yang diambil dari warung manisan tersebut,’’ ujar Wanda.

Wanda mengaku tidak mendapatkan jatah uang hasil penjualan barang curian yang dilakukan rekannya tersebut. ‘’Sumpah pak saya tidak dapat apa-apa. Kalau saya tahu mereka mau mencuri jelas saya tidak mau mengantar mereka,’’ ujarnya.

Dalam perkara ini meski Wanda berdalih tidak terlibat langsung, namun penyidik tetap menjeratnya dengan Pasal 363 KUHP junto Pasal 56 KUHP.(aba)

Berita Lainnya

Lepas Liar Satwa Langka di SBK

SELUMA – Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Dunia setiap 22 Mei, Balai Konservasi Sumber Daya Alam ...

error: Content is protected !!